Percaya Gak Kadal Bisa Bernapas dalam Air -->

Advertisement

Percaya Gak Kadal Bisa Bernapas dalam Air

Selasa, 01 Januari 2019

Ilustrasi kadal bisa bernapas dalam Air
JCS - Makhluk luar biasa yang bisa bernapas dalam air merupakan jenis kadal kecil yang disebut anoles. Kini, para peneliti menemukan kadal bisa bernafas di dalam air. Padahal makhluk tersebut bukan merupakan kadal air.

Saat para ilmuwan mengetahui, kadal kecil ini bisa menghilang di bawah air hingga 15 menit, mereka selalu menganggap makhluk itu benar-benar pandai menahan napas.

Namun, rekaman baru menunjukkan kadal kecil mampu menyimpan oksigen dan menghirupnya saat mereka berada di bawah air. Perilaku kadal kecil ini sebelumnya belum pernah didokumentasikan atau bahkan terlihat sebelumnya.

Fenomena itu ditangkap pada film di Costa Rica oleh ahli biologis dan filmmaker Neil Losin serta Nate Dappen yang sedang syuting Laws of the Lizard untuk Smithsonian Channel. "Kami melihat perilaku pernapasan ini yang belum didokumentasikan atau dijelaskan sebelumnya," kata Losin kepada Mindy Weisberger di Live Science yang dikutip dari Science Alert, Selasa (1/1/2019).

Dalam rekaman, mereka melihat anole wanita duduk di bawah sungai hampir 10 menit, tidak menahan napas. Mereka justru melihat makhluk kecil itu mengeluarkan gelembung kecil udara mengembang dan berkontraksi di bagian atas kepalanya.

Perilaku kadal kecil seperti ini perlu dipelajari lebih lanjut, sehingga para ilmuwan bisa mengetahui dengan tepat apa yang terjadi. Kemudian, para ilmuwan bisa mempublikasikan hasilnya dalam jurnal peer-review.

Meski peneliti membutuhkan waktu untuk mempelajari perilaku kadal kecil ini, tapi mereak berpikir cara yang dilakukan makhluk itu mirip dengan penyelam menghirup udara dari tangki oksigen.

Diketahui ada hewan lain yang diketahui menunjukkan perilaku yang sama yakni laba-laba diving bell. Tapi, kadal kecil ini merupakan contoh pertama yang didokomentasikan dari vertebrata darat. (sa/rus)