Salah Pasang Spoiler Bikin Mobil Boros -->

Advertisement

Salah Pasang Spoiler Bikin Mobil Boros

Jumat, 28 Desember 2018

Pastikan memasang spoiler secara baik
JCS - Memodifikasi mobil agar terlihat sporty merupakan idaman para pemilik kendaraan. Terlebih, jika menambahkan beberapa komponen pendukung seperti spoiler.

Instruktur keselamatan berkendara dari SDCI, Sony Susmana mengemukakan, fungsi spoiler untuk membuat aerodinamika mobil lebih stabil. Tak heran, banyak pemilik kendaraan yang memasang sendiri.

"Saat dipakai ngebut alias kecepatan tinggi, spoiler akan menambah downforce atau tekanan ke bawah dan mengurangi daya angkat sehingga mobil masih stabil," ujar Sony, Rabu (26/12/2018).

Dia menuturkan, beberapa pabrikan mobil sudah banyak yang mengembangkannya hingga dijadikan barang aftermarket. Namun, dalam pemasangannya tidak boleh sembarangan. Sebab, spoiler belum tentu memiliki fungsi sama dengan desain mobil yang asli memiliki spoiler dari pabrikan.

"Jika salah memasang spoiler, akan menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar lebih besar. Maka itu, pastikan untuk memasang spoiler secara baik dan benar di tempat terpercaya," ujar Sony.

Seperti diketahui, spoiler biasanya dipasang di bagian belakang mobil. Untuk mobil sedan, biasanya ditempelkan di atas bagasi belakang. Adapun mobil yang tidak memiliki pintu bagasi belakang sejenis hatchback, biasanya diletakkan di atap belakang atau di atas kaca belakang. (rus/sa)