Mengupas Perjalanan Sepak Bola Samsul Arif -->

Advertisement

Mengupas Perjalanan Sepak Bola Samsul Arif

Sabtu, 01 Desember 2018

Samsul Arif
Seperti telah dimuat sebelumnya bahwa daftar top skor gelaran kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Gojek Liga 1 2018 memang didominasi pemain-pemain asing.

Tapi, ada satu sosok pemain sepak bola Indonesia yang terus berusaha merobek dominasi asing itu, yakni Samsul Arif.

Berdasarkan situs resmi Liga 1, Samsul sampai pekan ke-32 menempati urutan 15 di daftar top skor. Ia telah mencetak 10 gol untuk klubnya, Barito Putra, dan setara dengan penyerang nasional lainnya, Hari Nur Haliyanto dari PSIS Semarang.

Torehan Samsul sendiri memang terpaut jauh dari sang pemuncak top skor, yakni penyerang Persebaya Surabaya, David Da Silva yang telah mencetak 20 gol.

Namun, kehadiran Samsul bersama Hari sebagai 'pejuang Indonesia' di daftar top skor sementara tetap menunjukan keberhasilan penyerang asli Indonesia untuk tampil gemilang di gelaran Liga 1 2018.

Ternyata, ada beberapa fakta tentang Samsul yang jarang diketahui para pencinta bola Tanah Air!

Bagini! Setiap atau hampir rata-rata pemain sepak bola profesional asli Indonesia biasanya jebolan dari Sekolah Sepak Bola (SSB). Namun, cerita yang ada pada diri Samsul Arif justru berbeda.

Samsul sebenarnya bukan pemain jebolan SSB. Tapi ia hanya mengasah kemampuan sepak bola secara otodidak di tanah kelahirannya, yakni desa Mojodelik, Bojonegoro.

Bakat terpendam Samsul Arif akhirnya tercium oleh klub lokal tempat kelahirannya, yakni Persibo Bojonegoro. Samsul bergabung dengan Persibo saat umurnya masih berusia 20 tahun.

Kala itu, Persibo sedang berkompetisi di Divisi I. Peran Samsul yang masih sangat muda pun sudah dipercayakan oleh pelatih Persibo kala itu, Sanusi Rahman untuk menjadi penyerang utama.

Hasilnya pun berbuah manis pada 29 Juni 2005. Pada tanggal itu, Samsul berhasil mencetak gol profesional pertamanya untuk Persibo.

Samsul mencetak gol debutnya itu ke gawang Persiba Bantul. Torehan Samsul tersebut sekaligus membawa Persibo menang atas Persiba dengan skor 2-1.

Setelah membela Persibo Bojonegoro, karier Samsul terus dihiasi oleh nama-nama klub besar. Samsul pernah memperkuat Persela Lamongan, Arema FC, dan Persib Bandung.

Kiprahnya di klub-klub besar lantas membuat Samsul bisa merasakan dipanggil Timnas Indonesia. Samsul sendiri telah 12 kali tampil untuk Timnas Indonesia dan mencetak satu gol.

Segala pengalamannya itu yang mungkin membuat klub Barito Putera begitu tertarik untuk menggaet Samsul pada gelaran Liga 1 2018. Ya, awal musim ini, Barito memboyong Samsul dari Persela.

Hasilnya pun terbilang lumayan. Kehadiran Samsul di lini depan telah menghasilkan 10 gol dan membuat Barito bersaing ketat di papan tengah klasemen Liga 1 2018. (rus/sa)