Layanan Facebook dan Instagram Sempat Lumpuh, Kenapa ? -->

Advertisement

Layanan Facebook dan Instagram Sempat Lumpuh, Kenapa ?

Rabu, 21 November 2018

Facebook (AP Photo/Jeff Chiu, File)
JCS - Belakangan ini Facebook dan Instagram sempat mengalami gangguan tepatnya Selasa (20/11/2018) malam. Informasi JCS bahwa laporan mengenai gangguan kedua layanan sosial media tersebut sempat ramai dibicarakan di media sosial (medsos).

Dini hari itu, setidaknya terdapat sebanyak lebih dari 60 ribu cuitan mengenai gangguan pada kedua platform tersebut. Sementara laman Mirror menyebut, gangguan terasa pada pukul 12.00 GMT di Inggris Raya.

Mereka melaporkan masalah Jejaring sosial (Facebook-red), 48 persen melaporkan mati total, sedangkan 35 persen mengaku bermasalah dengan login, dan 16 persen men memiliki masalah saat melihat gambar di beranda mereka.

Sedangkan untuk Instagram, sebanyak 53 persen memiliki masalah dengan feed berita mereka. Kemudian ada 33 persen memiliki masalah dengan login, dan 13 persen gangguan dengan situs web yang tidak merespons. 

Tidak hanya di Inggris, gangguan menurut laman DownDetector juga terasa di Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Turki, India, Tiongkok, hingga Indonesia.

Untuk Indonesia, gangguan tersebut tidak menjangkiti secara merata ke seluruh pengguna kedua layanan tersebut. Pasalnya, pada feed Instagram, beberapa terihat masih bisa mengunggah foto dan stories baru walaupun tidak bisa tampil.

Diketahui, website Facebook memiliki gangguan gagal login dan beranda yang tidak tampil. Seperti bisa dilihat digambar, ketika sudah berhasil ogin, namun Facebook tidak menampilkan gambar apapun di beranda. 

Sedang Facebook mobile di smartphone Android, beranda tidak merespons perintah untuk refresh feed.

Jadi hampir sama dengan Facebook, pun Instagram demikian. Baik akses menggunakan website maupun perangkat mobile, keduanya sama-sama mengalami gangguan.

Untuk perangkat mobile, feed bisa di refresh, namun beranda tidak menampilkan gambar. Pun saat ingin melihat postingan di Instagram Stories. Hasilnya unggahan dari teman tidak bisa dilihat.

Ketika dicoba kembali sekarang ini, Facebook dan Instagram perlahan mulai normal lagi. Untuk pembaca JCS, selamat menggunakan akun tersebut dengan baik! (tas/rus/net)