Timnas Indonesia Kalah 0-1 dari Singapura -->

Advertisement

Timnas Indonesia Kalah 0-1 dari Singapura

Jumat, 09 November 2018

Indonesia vs Singapura. (Net)
JCS - Laga perdana di Grup B Piala AFF 2018 salah satunya mempertandingkan Singapura vs Timnas Indonesia, di Stadion Nasional Singapura, Jumat (09/11/18). Hasilnya, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dengan skor 1-0 dari Singapura, lewat gol Hariss Harun pada menit ke-36.

Tertinggal satu gol, membuat Timnas Indonesia tersengat dan berusaha untuk membalikan keadaan dengan menaikan intensitas serangan. Namun sayang, upaya Stefano Lilipaly cs mencetak satu gol belum terwujud hingga wasit meniup peluit panjang tandang berakhirnya pertandingan, skor 1-0 tak berubah.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia terpuruk di peringkat keempat klasemen sementara. Sedangkan Singapura berada di urutan kedua, dengan koleksi tiga poin. Mereka kalah selisih gol dari Thailand yang berada di peringkat pertama, usai menang 7-0 atas Timor Leste.

Laga di awal-awal babak pertama, kedua tim tampil santai. Bahkan lini belakang Timnas Indonesia sempat memainkan bola di area kotak penalti, sampai Andritany nyaris membuat blunder karena gocekannya. 

Serangan demi serangan coba dibangun oleh Timnas Indonesia melalui sektor sayap, yang merupakan keunggulannya. Namun peluang emas justru malah datang dari tim tuan rumah. Pada menit ke-9, Singapura nyaris mencetak gol setelah salah satu pemainnya sudah berhadapan one on one dengan Andritany, beruntung kiper Persija itu mampu membloknya.

Lima menit berselang giliran Timnas Indonesia yang memberikan ancaman. Pada menit ke-14, sebuah umpan tarik Lilipaly dihalau bek Singapura, namun bola malah mengarah ke gawangnya tapi tidak berbuah gol, lantaran membentur mistar.

Memasuki menit ke-30, Timnas Indonesia mampu mendominasi penguasaan bola. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan Singapura. Kebuntuan akhirnya pecah. Singapura mampu unggul lebih dulu melalui gol Harris Harun menit ke-36. Sepakannya memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti, tidak bisa diamankan Andritany. Skor 1-0 untuk Singapura.

Tertinggal satu gol, Timnas Indonesia langsung menaikan intensitas serangan. Hasilnya, Lilipaly berhasil cetak gol memanfaatkan umpan silang Irfan Jaya menit ke-40. Sayang, wasit menganulirnya lantaran Irfan terlebih dahulu dalam posisi offside. Hingga wasit meniup peluit, skor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia tersentak oleh serangan Singapura lantaran mereka nyaris menggandakan keunggulan, pada menit ke-51. Faris Ramli sudah dalam posisi one on one dengan Andritany. Beruntung, tembakannya masih mengenai mistar gawang. 

Memasuki menit ke-60, Timnas Indonesia mencoba keluar dari tekanan. Namun, upaya Stefano Lilipaly masih kerap gagal. Sulitnya menembus jantung pertahanan Singapura, membuat para pemain Timnas Indonesia sedikit frustasi. Hal tersebut membuat para pemain Timnas Indonesia mencoba tendangan-tendangan spekulasi dari luat kotak penalti.

Salah satunya adalah percobaan dari Febri Hariyadi. Sayang, bola hasil sepakannya masih belum menemui sasaran. Unggul satu gol, tampaknya sudah cukup untuk Singapura. Petaka sempat terjadi di menit-menit injury time yang dialami oleh Timnas Indonesia. 

Putu Gede harus mendapat kartu kuning kedua atau kartu merah setelah melakukan pelanggaran, saat berduel di udara. Permainan kasar para pemain Indonesia itu tak lepas dari rasa frustasi mereka, yang gagal mencetak gol atau menembus pertahanan Singapura.

Mereka bermain sangat disiplin, yang membuat para pemain Timnas Indonesia kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 tak berubah. (tas/rus/net).