Terlalu Lama Duduk Bisa Bisa Pikun? -->

Advertisement

Terlalu Lama Duduk Bisa Bisa Pikun?

Admin
Senin, 16 April 2018

Ilustrasi
JCS - Cukup banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk dalam waktu yang lama. Biasanya, mereka yang melakukan hal ini adalah para pekerja di kawasan perkantoran. Sementara yang menjadi masalah adalah, duduk terlalu lama bisa memicu datangnya masalah kesehatan yang tak bisa disepelekan. 

Berikut, dilansir Live Serence, menyebutkan, tak hanya buruk bagi berat badan atau organ kardiovaskular, tapi menurut peneliti dan pakar kesehatan dari University of California Las Angeles baru-baru ini menyebutkan fakta mengejutkan tentang dampak buruk dari duduk terlalu lama atau kurang gerak, itu akan menurunkan daya ingat!

Hasil dari penelitian, kalau kurang gerak memang bisa membuat bagian lobus medial temporal, atau bagian otak yang berperan besar dalam pembentukan memori baru semakin menipis. Nah, yang menjadi masalah, adalah penipisan ini bisa berlanjut pada menurunnya fungsi kognitif sekaligus meningkatkan resiko karena demensia.

Dalam penelitian ini, 35 orang dengan usia 45, hingga 75 orang disebutkan peneliti diantara untuk menjawab pertanyaan tentang kebiasaan yang dilakukan sehari-hari termasuk kebiasaan duduk, atau kurang gerak dan aktivitas lainya.

Melihat adanya fakta ini, bahwa pekerja kita memang rata-rata dengan cara duduk. Untuk itu, pastikan untuk mengambil jeda dan melakukan aktivitas fisik meskipun itu hanya berupa berjalan kaki atau naik turun tangga agar tidak mudah pikun. (Tas).