Wisata Pantai Cianjur Selatan: Pantai Lugina -->

Advertisement

Wisata Pantai Cianjur Selatan: Pantai Lugina

Admin
Sabtu, 24 Maret 2018

Pantai Lugina / Marisa
JCS - Tak hanya di Pantai Kuta Bali bisa menikmati panorama Bahari di senja yang elok dipandang mata. Kini, Pantai Lugina menyajikan keindahan senja yang menjadi daya tarik wisatawan. Di lokasi pantai yang sempat porak poranda aktivitas penambangan pasir laut hingga kini masih nampak elok, indah dan mempesona. Terutama saat senja hari, manakala matahari hendak tenggelam.

Masuk ke Pantai Lugina bisa lewat jalan Agrabinta, tepatnya dari sudut Lapang Pasir Bayur sebelah barat, atau samping bedeng Perkebunan PTPN Nusantara VIII (Persero) Agrabinta. Dari perapatan itu tak begitu jauh cuma sekitar 4 km, menyusuri jalan koral nyambung ke jalan beton dan ada rumah-rumah penduduk sampai lokasi. Bahkan ketika berangkat malam pun tidak membuat takut apa-apa, kecuali takut jalan yang masih butuh perhatian pemerintah.

Pokonya tiap Sabtu dan Minggu lumayan ramai dikunjungi wisatawan lokal pada sore hari. Mereka mendatangi pantai ini untuk menikmati pemandangan yang indah dengan cahaya memerah saat matahari hendak tenggelam. Pemandangan indah pun sempat diabadikan pengunjung dengan kamera handphonenya. Namun tak disangka, jepretan hanya sekedar iseng itu menghasilkan gambar pemandangan yang begitu menakjubkan. "Ketika sore itu saya duduk-duduk di situ menikmati sunset. Indah sekali, tapi akan lebih indah jika pesisir pantai Lugina ditata dengan baik. Terus jalan menuju tempat ini diperbaiki," ujar Fadil kepada JCS, Sabtu.

Warga setempat juga mengharapkan perhatian pihak terkait, agar Lugina ditata sehingga akan lebih baik dan indah. Dengan infrastruktur yang baik insya allah akan mendatangkan wisatawan. Terlebih nantinya lahan yang merupakan aset warga dan pemerintah dapat dikerjasamakan dengan wisata mangrove.

Mendekati Pantai Lugina terdapat pohon-pojon nyiur (kelapa), juga ada Gedung Peteng peninggalan jaman Belanda. Jika kawasan itu ditata dan dibangun infrastruktur pariwisata, disamping kawasan itu menjadi indah, juga akan menyerap tenaga kerja lokal. "Siapa tahu Lugina ke depan menjadi Pelabuhan Ratu kedua. Wisatawan pun akan ramai berkunjung, maka otomatis Desa Wanasari Agrabinta akan maju," itulah yang terlintas dalam pikiran pria yang akrab disapa Anang Ranca Mabar (45).