Belajar Ikhlas -->

Advertisement

Belajar Ikhlas

Admin
Selasa, 27 Maret 2018

Ikhlas 
Sesuatu yang paling berat bagi nafsu adalah memurnikan (mengikhlaskan) niat kepada Allah 'Azawajala. Ayyub pernah mengatakan: "Memurnikan niat dalam beramal lebih berat darpada seluruh amal perbuatan." Bahkan ada yang mengatakan: Ikhlas sesaat adalah keselamatan abadi. Hanya saja, ikhlas itu berat."

Orang yang menginginkan ikhlas harus bisa membersihkan hatinya dari kecintaan kepada segala macam syahwat atau kesenangan, mengisi hatinya dengan kecintaan kepada Allah SWT dan senantiasa menghabiskn waktunya dengan melakukan kebaikan terlebih memikirkan Akhirat. Orang semacam itu kalau makan, minum, atau membuang hajat, ia pasti melakukannya dengan hati yang ikhlas dan niat yang benar. Sedang orang yang tidak begitu, pintu ikhlas akan tertutup baginya kecuali dalam momentum yang langka. Wallahu a'lam.

Kita memohon kepada Allah SWT agar berkenan menjadikan kita sebagai bagian dari mereka yang tulus berbuat kebaikan, dan membangkitkan kita (kelak di Akhirat) dalam rombongan mereka, berkat anugerah dan kemurahanNya. Amiin. (Tas). *