Jika Mesin Tergenang Air -->

Advertisement

Jika Mesin Tergenang Air

Admin
Kamis, 08 Februari 2018

Ilustrasi

JCS - Salah satu dampak yang sering timbul saat musim hujan ialah banyaknya jalan-jalan yang tergenang air. Untuk pengendara sepeda motor disarankan agar hati-hati melintas di genangan yang permukaan airnya melebihi knalpot.

Namun dalam kondisi tertentu menurut Bengkel Cianjur, Asep Maulana, motor bisa saja mogok walau permukaaan genangan yang dilintasi tidak tinggi. Asep menyebut hal ini karena beberapa faktor. Pertama, karena busi sudah bercelah. "Jika busi terkena air maka tak ada api di ruang pembakaran," kata Asep kepada JCS di Cianjur, Rabu (7/2/18). Selain busi, komponen lain yang harus dicek ialah filter udara. Saran Asep lagi, agar pengendara dapat mengendorkan sekrup untuk menguras bahan bakar yang sudah tercampur air. Kuras bahan bakar di dalam ruang pembakaran sampai bahan bakar sudah tidak terkontaminasi lagi.

"Jika langkah-langkah tadi dilakukan, mesin motor insyaallah aman untuk dihidupkan kembali," jelas Asep seraya kalau genangan air yang dilewati tidak sampai ke mesin, dan oli masih belum tercampur, jadi mesin dihidupkan lagi tidak masalah. (**).