Sebuah Opini: Lucunya Pendidikan di Negeri Ini -->

Advertisement

Sebuah Opini: Lucunya Pendidikan di Negeri Ini

Admin
Rabu, 29 November 2017

Ilustrasi

Pendidikan di negeri ini seolah sebuah bola yang selalu menggelinding atau di oper sana dan sini. Sebuah nama yang begitu berharga namun disepelekan. Seolah nama pendidikan itu hilang esensinya.

Kalau boleh dikatakan pendidikan di negeri kita belum memiliki kemandirian dan masih taraf pendewasaan dan pendewasaan terus atau masa penjajagan dan penjajagan terus. Pendidikan di negeri kita hampir kehilangan jati diri karena perubahan kurikulum yang selalu kontinyu.

Apalagi tahun ini, sejumlah siswa baik tingkat SMA/MA atau SMP/MTs akan melaksanakan Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK). Bahkan rencana ke depan menurut sebuah rumor yang beredar di masyarakat pendidikan, SD/MI pun akan melaksanakan UNBK.

Bisa Anda bayangkan, negeri yang belum bebas sinyal, bebas komunikasi, dan tidak paham dengan computer harus melakukan UNBK. Apa yang akan terjadi? Untuk mendapatkan sinyal handphone saja sulit harus pergi ke bukit yang tinggi, apalagi sinyal internet. Apa mau dikata…

Hal kedua yang lucu, mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer dihilangkan dari kurikulum pada Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional. Akan tetapi siswa wajib ujian berbasis komputer. Mau dimana siswa belajar di mana tentang komputer mapelnya saja tidak ada. Mau bagaimana siswa bisa komputer atau mengenal komputer, toh mereka tidak belajar tentang komputer.


Peribahasa sunda mengatakan, "Lir ibarat monyet ngagugulung huluan kalapa."  Mudah-mudahan artikel atau opini ini menjadi bahan evaluasi dan perbaikan pendidikan di masa yang akan datang.

Penulis: Taufik Hidayat