Beranda Pendidikan Unifah Rosyidi: KBM Berpotensi Penularan Virus Corona

Unifah Rosyidi: KBM Berpotensi Penularan Virus Corona

52
0

JCS – Masuk sekolah secepatnya akan menimbulkan kekhawatiran akan penularan wabah virus Corona terhadap anak-anak sekolah maupun kepada guru.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) meminta pemerintah tidak tergesa-gesa memulai kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Demikian diutarakan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi, saat ditanya megenai curva kasus positif Covid-19 di Indonesia yang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Ditambah lagi protokol kesehatan juga belum berjalan dengan baik.

“Jadi jangan tergesa-gesa. Masuk sekolah harus betul-betul dikaji, itu pertama,” ujar Unifah Rosyidi, Jumat (22/5/2020) lalu.

Kedua, lanjut Unifah, jika mau dibuka amat sangat hati-hati. Itu dapat dilihat case-nya di setiap daerah.
Menurut dia, memulai kembali KBM di sekolah sangat berpotensi terjadi penularan.

“Hal itu karena para siswa, khususnya ditingkat SD dan SMP masih sangat rentan terpapar Covid-19,” ujarnya.

Hemat dia, dengan banyaknya interaksi, baik sesama murid maupun dengan guru saat berada di sekolah. “Yang SD-SMP itu sangat rawan. Mereka dari segi fisik masih vulrenable, dan mereka masih memerlukan bantuan banyak orang dewasa,” kata Unifah.

Oleh sebab itu, perlu ada kajian dan kewaspadaan lebih mendalam untuk mengantisipasi banyaknya kegiatan yang berpotensi terjadinya penularan di sekolah.

Hemat dia, masuk sekolah siswa/siswi harus ekstra hati-hati dan jangan coba-coba pertaruhkan masa depan anak-anak itu, yang akahirnya harus terpapar. “Mereka harus kita lindungi,” tandasnya. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here