Beranda Berita Turis Asing di Cipanas Meresahkan Warga

Turis Asing di Cipanas Meresahkan Warga

14
0
Ilustrasi

JCS – Orang luar negeri yang tinggal di Villa Kota Bunga Cipanas bikin resah warga setempat. Dari kabar yang diterima JCS menyebutkan, turis-turis asal Timur Tengah itu rajin mempermainkan cewe.

Kelakuan oknum turis ini, bukan saja sewa perempuan pekerja komersial (PSK), namun juga mereka suka meresah warga seputar villa di sana, misalnya logay alias loba gaya saat mengendarai motor.

Warga di sana, Latif mengaku sering melihat orang asing keluar masuk Kota Bunga naik motor, tapi lebih seenaknya, tak punya malu sebagai tamu. “Turis yang pernah berpapasan dengan saya tampangnya belagu. Terus suara knalpot motornya tarik bikin pusing,” ujar Latif, Rabu (12/2/2020).

Kehadiran sebagian orang asing di Kota Bunga itu terkesan bikin jengkel warga. Namun warga di sana tak kuasa bertindak sewenang-wenang terhadap mereka. Warga masih menghargai tamu pendatang dan perusahaan yang bergerak nenyewakan vila.
Sementara itu, Pjs Kepala Desa Batu Lawang, Holis mengatakan, perilaku turis Timteng itu memang sering memicu kemarahan warga, terutama saat berkendara. Ulah mereka, lanjut Holis, mungkin pembawaan karena dia banyak uang, jadi berlaku seenaknya. “Masalah etika dan perilaku mereka yang cenderung meresahkan warga,” tutur Holis.

Terkait itu, pengelola vila di sana Frangky menyebut orang asing, terutama dari Timur Tengah sengaja datang untuk liburan. Lagian, lanjut dia, vila yang dia tempati adalah vila hak milik. “Jadi kami selaku pengelola hanya sebatas mengurus vila,” ujar Frangky.

Di sisi lain, kata pemerintahan setempat, kehadiran orang-orang asing di sana membawa dampak positif. Misalnya, mengangkat perekonomian masyarakat karena mereka suka belanja produk makanan dan kerajinan tangan buatan warga di Cipanas. Jadi dampak baiknya ada. Adapun soal negatifnya bisa diminimalisir oleh pihak terkait, terutama masalah dugaan praktik prostitusi. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here