Beranda Pendidikan Tips Sukses UNBK 2020

Tips Sukses UNBK 2020

46
0

JCS – Bagi siswa-siswi SMA/SMK dan SMP sederajat, terutama kelas 12 dan kelas sembilan, dalam mengisi hari-harimu jangan terlalu santai, ya. Pasalnya, kamu-kamu bakal menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) alias ujian paling penting. Seperti UNBK SMK se-Indonesia yang waktunya sudah mepet sekali, yang jatuh pada hari Senin (16/3/2020).

Apa itu UNBK?
UNBK adalah sebagai tolak ukur dan evaluasi pembelajaran siswa di sekolah, meskipun urusan lulus atau tidak biasanya ditentukan oleh pihak sekolah. Kendati demikian bahwa hasil UNBK sangat menentukan bagi kalian terutama ketika kamu nanti mau masuk kerja di perusahaan bonafit atau peluang (pendaftaran) ASN, untuk jadi pegawai kantoran, jadi anggota TNI, Polri dan peluang kerja lainnya. Jadi tetap butuh nilai yang bagus dari SKH-UN (Surat Keterangan Hasil-Ujian Nasional).

Sebagai siswa, tentu berharap bisa sukses menghadapi UN dan mendapatkan hasil terbaik. Sekali lagi, UN bukanlah hal yang mudah dihadapi. Kalian memerlukan persiapan matang untuk menghadapi dan dapat mengerjakan ujian nantinya dengan baik.

Tidak sedikit yang merasa cemas ketika sudah memasuki masa ujian pertama menjelang UN. Hal ini salah satunya disebabkan karena kurangnya persiapan dalam menghadapi UN.
Bahkan banyak yang tidak tahu apa saja yang harus dipersiapkan.

Berikut tips-tips yang dilansir dari Gramedia grup yang perlu kamu persiapakan dalam menghadapi UN agar merasa perscaya diri. Simak yuk?

Buat rencana belajar:
Ini untuk beberapa hari kedepan menjelang UN.
-Materi apa yang akan dipelajari setiap hari. Misalnya, untuk mata ujian hari Senin adalah matematika, berarti kamu harus belajar bikin soal dan dijawab sendiri.
-Durasi belajar dari tiap hari.
-Target/goals yang ingin dicapai setelah mempelajari materi.
-Catat refleksi setelah belajar apa yang harus diperbaiki maupun ditingkatkan.

Intinya rencana belajar yang kamu buat bisa mengacu pada jadwal pelajaran di sekolah. Dengan begitu kamu bisa mengetahui proses perkembangan pembelajaran kamu sebelum UN.

-Jaga pola tidur:
Sederhana namun penting, pola tidur yang baik dapat meningkatkan kinerja otak kamu. Sayangnya, penerapan pola tidur yang baik sangatlah sulit bagi yang sudah terbiasa dengan pola tidur yang tidak teratur.

Rentang waktu direkomendasikan dokter bagi usia remaja adalah selama 7-8 jam. Namun, tidur yang ideal bukan hanya dari durasi saja. Seberapa berkualitas tidur kita juga menjadi faktor pola tidur yang baik. Caranya yang bisa dilakukan adalah, minum air putih hangat sebelum tidur, berhenti menggunakan gadget atau menatap layar 30 menit sebelum tidur, jangan tidur setelah makan banyak, mengurangi konsumsi kafein.

Selain itu, buat suasana tidur lebih nyaman, misalnya menyalakan instrumen atau menyalakan aromaterapi. Tak kalah penting yaitu berdoa sebelum tidur.

-Konsumsi makanan sehat:
Jelang UN biasanya siswa belajar dengan keras dan tidak memperhatikan apa yang dikonsumsi. Padahal mengkonsumsi makanan sehat akan memberikan nutrisi bagi tubuh sehingga dapat mengurangi potensi terserang penyakit dan menjadikan tubuh segar dan berenergi.

Makanan sehat tidak hanya memberikan nutrisi bagi tubuh saja, namun juga memerlukan nutrisi bagi otak. Biasakan mengonsumsi buah dan sayur minimal satu kali dalam sehari.
Kandungan serat dan vitamin dalam buah dan sayur dapat membantu melancarkan pencernaan, melawan berbagai jenis penyakit dan juga memberikan sumber energi.

Mengonsumi ikan laut seperti salmon, tuna, dan makanan yang mengandung omega -3 dapat memberikan dampak baik pada daya ingat.

Buah strawberry, blackberry, dan blueberry yang mengandung antioksdan juga dapat memberikan nutrisi bagi otak dan dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu, ada dark chocolate yang mengandung antioksidan untuk meningkatkan daya ingat, dark choclate juga membantu meningkatkan mood belajar kamu.

Konsultasi ke guru:
Mempersiapkan diri menghadapi UN perlu dilakukan dari jauh hari agar hasilnya optimal. Kamu harus berkonsultasi pada guru mata pelajaran terkait maupun guru pembimbing konseling.

Misalnya menanyakan tentang materi pelajaran yang belum kamu kuasai atau berdasarkan catatan to-do-list kamu yang belum tercapai.

Guru mata pelajaran akan membantu kamu lebih mendalami materi pelajaran dan memberikan kiat-kiat khusus dalam menjawab soal UN.

Sedangkan berkonsultasi pada guru pembimbing konseling dapat membantu kamu dalam memberikan masukan tentang cara belajar kamu dan bisa kamu jadikan tempat curhat setelah belajar keras yang menguras seluruh energi.

Perbanyak latihan soal:
Practice makes perfect. Ungkapan ini benar adanya. Sebelum menghadapi UN, kamu perlu sering berlatih mengerjakan soal-soal UN.

Mengerjakan latihan soal bisa membantu dalam mendalami materi pelajaran. Selalu siapkan setidaknya sepuluh butir soal untuk dikerjakan selesai mempelajari materi, dan memeriksa soal-soal yang sudah kamu kerjakan.

Dengan begitu, kamu bisa mengukur sejauh mana kamu memahami materi yang sudah kamu pelajari. Soal-soal UN yang kamu siapkan harus dari sumber terpercaya dalam menyajikan soal, sehingga kamu mempelajari soal UN dengan akurat. Jadi soal-soal yang dikerjakan juga akan diberikan skor pencapaianmu dalam mengerjakan paket soal tersebut. Skor penilaian tersebut bisa kamu gunakan sebagai acuan rencana belajar untuk selanjutnya dan memonitor perkembangan skor tiap selesai mengerjakan soal dari sumber soal yang terpercaya tersebut. (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here