Beranda Cuaca Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor saat  Banjir

Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor saat  Banjir

38
0

JCS – Saat ini, beberapa wilayah di Indonesia khususnya di Cianjur selatan mengalami hujan yang sangat deras. Kondisi cuaca ini mungkin pengaruh dari mulai datangnya musim hujan dan efek La Nina.

Ketika hujan melanda, hal yang paling nyaman untuk dilakaukan tentu saja berdiam diri di rumah sembari menyeruput minuman hangat.

Para pengendara roda dua pun malas bepergian ketika hujan turun karena hujan sering kali membahayakan perjalanan. Jalanan di pedesaan yang gampang terkena banjir pun membuat berkendara jadi lebih berisiko.

Namun, aktivitas sehari-hari terkadang memaksa kita untuk keluar rumah meskipun hujan sedang turun dengan derasnya.

Jika terpaksa keluar rumah ketika hujan sedang turun, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa Anda ikuti agar tetap aman ketika mengendarai motor Anda.

Saat jalan tergenang air,  sebisa mungkin cobalah hindari jalan tersebut. Carilah rute alternatif lain, atau jika ada jalan pintas.

Jika Anda mengambil rute yang sama untuk bekerja setiap hari, Anda juga akan memiliki gambaran yang baik tentang kecenderungan rute tersebut untuk digenangi air hujan sehingga Anda bisa merencanakan rute yang akan Anda ambil dengan lebih baik.

Usahakan sepeda motor Anda melaju pada gigi satu jika melewati genangan air yang tinggi permukaan airnya melebihi ujung knalpot.

Tetap pertahankan kecepatan, sebisa mungkin jangan menutup buka gas karena meningkatkan kemungkinan air masuk ke saluran keluar knalpot.

Setelah berhasil melalui banjir, parkirkan sepeda motor Anda di tempat yang aman dan lakukan pemeriksaan fisik terhadap sepeda motor Anda.

Hal yang pertama harus diperiksa adalah bagian rem karena air kemungkinan masuk di antara bantalan rem mengakibatkan efisiensi pengereman berkurang.

Lakukan sedikit pengereman ketika melaju untuk menghilangkan air dan kotoran pada bagian rem sepeda motor.

Biarkan sepeda motor Anda mengering lalu periksa apakah semua suku cadang yang berhubungan dengan listrik berfungsi dengan baik. Jangan lupa juga untuk melumasi rantai setelahnya karena rantai cenderung kehilangan pelumasan setelah melewati jalan yang tergenang air.

Hal yang terakhir, periksa juga tekanan ban dan pastikan tekanan tersebut sesuai dengan yang diberikan dalam instruksi manual sepeda motor Anda.
(Hn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here