Beranda Olahraga Timnas Indonesia Butuh Pemain Keturunan dan Naturalisasi

Timnas Indonesia Butuh Pemain Keturunan dan Naturalisasi

68
0

JCS – Sejumlah pemain yang berasal dari keturunan masih diincar Manager dan pelatih Timnas Indonesia, yang nantinya akan diseleksi. Setelah itu, Shin Tae-yong akan mewujudkan formasi tim yang berkekuatan kombinasi antara pemain lokal dan pemain keturunan dan naturalisasi.

Sebut saja Dayen Gentenaar. Ia bisa menjadi opsi baru bagi Shin Tae-yong untuk melengkapi posisi penjaga gawang timnas Indonesia.

Dayen Gentenaar merupakan kiper berusia 18 tahun yang memiliki keturunan Indonesia-Belanda. Dayen Gentenaar saat ini bermain untuk Uni Emirat Arab, Al-Wahda.

Ia adalah putra dari kiper legendaris NEC Nijmegen, Dennis Gentenaar. Saat masih muda Dennis juga sempat memperkuat Borussia Dortmund hinga Ajax Amsterdam.

Dennis memiliki keturunan Indonesia dari sang ayah. “Ayahku dari Indonesia. Dia dari Bandung,” ucap Dayen Gentenaar dikutip dari kanal Youtube Yussa Nugraha.

Dayen pun tak menutupi hasratnya untuk pergi ke Indonesia, untuk melihat bagimana bermain sepak bola di sana. “Karena Indonesia negara yang indah dan bangga dengan sepak bola,” ujarnya.

Meski begitu, Dayen belum mendapatkan undangan dari PSSI untuk bergabung dengan timnas Indonesia.

“Saya belum dapat undangan (seleksi timnas) tapi aku mendengar kalau mereka mencari pemain-pemain untuk Piala Dunia U-20, saya dengar itu dari mulut ke mulut,” ujar Dayen.

“Dan juga untuk naturalisasi, saya juga ingin itu,” tambahnya.

Dayen Gentenaar bisa menjadi opsi baru di pertahanan timnas Indonesia. Ia bahkan bisa melengkapi formasi keturunan dan naturalisasi di timnas Indonesia.

Seperti diketahui, belakangan ini PSSI telah melakukan naturalisasi kepada pemain-pemain asing. Terbaru ada nama Marc Klok yang selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Klok pun bertekad untuk bisa memperkuat timnas Indonesia. Sebelumnya, ada rombongan Amerika latin yang menyabet gelar WNI seperti Alberto Goncalves, Esteban Vizcarra, hingga Otavio Dutra.

Jika Dayen Gentenaar sukses menjalani naturalisasi menjadi WNI, maka ia bisa melengkapi formasi tersebut.

Untuk saat ini sudah ada dua pemain keturunan yang mengajukan diri untuk menjadi WNI yaitu Sandy Walsh dan Kevin Diks.

Berikut formasi keturunan dan naturalisasi timnas Indonesia:

Kiper: Dayen Gentenaar (belum diproses)

Pemain Bek: Sandy Walsh (proses), Otavio Dutra, Victor Igbonefo, Kevin Diks (belum proses)

Pemain Tengah: Marc Klok (proses), Esteban Vizcarra, Stefano Lilipaly

Pemain Depan: Greg Nwokolo, Ilija Spasojevic, Guy Junior

Cadangan: Mamadou Alhadji, OK John, Diego Michiels, Ilija Spasojevic, Herman Dzumafo Epandi, Ezra Walian, Esteban Vizcarra, Cristian Gonzales, Silvio Escobar

Pelatih: Shin Tae-yong. (Ziz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here