Beranda Infrastruktur Target Pengerjaan Jembatan Cibuni 15 Desember 2020

Target Pengerjaan Jembatan Cibuni 15 Desember 2020

37
0

JCS – Pengerjaan jembatan Cibuni Cibungur segera rampaung. Jembatan ini nantinya akan menjadi akses utama warga Cianjur selatan dan warga Cidadap Kabupaten Sukabumi dalam melakukan aktivitas ekonomi, pendidikan, dan sosial. Target pemerintah, sebelum tahun baru 2021 sudah rampung 100 peraen.

Diketahui, jembatan ini menghubungkan Desa/Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Cianjur itu, sangat bermanfaat bagi masyarakat di sana, juga tembus ke Kecamatan Leles dan Agtabinta, hingga jalan Lintas Jabat Selatan. Terutama dalam aksesibilitas dan mendorong perekonomian warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi Asep Jafar mengatakan proses pembangunan jembatan itu diharapkan bisa selesai tepat waktu sebelum akhir 2020.

“Pembangunan jembatan Cibuni ini, sampai dengan sekarang itu, sudah masuk 70 persen. Melihat kondisi ini insyaallah sesuai kontrak nanti 15 Desember 2020, pembangunan jembatan selesai,” kata Asep Jafar dikutif dari detikcom, Senin (12/10/2020).

Sejauh ini, papar Asep, tidak ada kendala dan pembangunan dapat berjalan dengan lancar. “Mudah-mudahan pembangunan itu, sesuai dengan waktu dan dapat terselesaikan dengan baik, tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas pembangunan,” ujar Asep.

Bupati Sukabumi R. Gani Muhamad optimistis pembangunan jembatan sepanjang 120 meter itu rampung Desember tahun ini. “Mudah mudahan selesai pada 15 Desember mendatang,” ujar Gani.

Menurutnya, kelayakan jembatan ini sangat dibutuhkan mengingat fungsinya sangat penting dalam mendukung kebutuhan dan kelancaran transportasi masyarakat, kegiatan perekonomian dan aktivitas lainnya.

“Pembangunan jembatan ini akan ditunjangrest area. Sehingga bisa mendorong peningkatan kenyamanan pengguna sekaligus jadi ruang usaha baru masyarakat,” katanya.

Kelancaran akses juga akan berdampak positif terhadap pengembangan kepariwisataan. Sebab di wilayah Desa/Kecamatan Cidadap ini terdapat potensi wisata sumber daya alam air panas.

“Di sini ada potensi alam sumber air panas. Bisa dikelola dengan baik untuk pendapatan daerah. Makanya, di lokasi jembatan ini, nantinya harus ada fasilitas pendukung berupa rest area. Bahkan fasilitas lain akan mengikuti setelah aksesibilitas ini dibuka,” kata Gani.

Warga Kampung Cibungur, Joharudin (65), mengaku bersyukur adanya pembangunan jembatan tersebut. Jembatan Cibuni ini menjadi akses utama warga Cianjur dan Sukabumi dalam melakukan aktivitas ekonomi, pendidikan, dan sosial.

“Sejak 2010 masyarakat disini berjuang agar jembatan diperbaiki, Alhamdulillah sekarang terlaksana,” ucap Joharudin.  (Ziz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here