Beranda Cianjur Selatan Sukanagara Kota Kecil Kota Buah

Sukanagara Kota Kecil Kota Buah

31
0

JCS – Umumnya setiap kota memiliki julukan masing-masing yang menunjukkan identitas atau ciri khas daerah. Julukan yang diberikan beragam ada yang mengambil nama kota lain dengan alasan daerah tersebut memiliki pemandangan yang mirip dengan kota yang dinamakan hingga memberi julukan dengan mengambil nama buah-buahan seperti kota-kota yang akan diulas JCS berikut!

Daerah yang memiliki julukan buah biasanya karena memang daerah tersebut dikenal sebagai penjual buah. Julukan yang dianggap sudah tidak relevan karena daerah tersebut tidak lagi memproduksi buah yang menjadi ikonnya sedangkan julukan tersebut tetap melekat hingga saat ini.

Sukanagara salah satunya, karena Sukanagara kota kecil yang terkenal kaya oleh buah-buahan, terutama buah jeruk. Karena ada sejarah kebun jeruk Ciasmai di Ciasmai Desa Sukakarya Kecamatan Sukanagara.

Dulu yang nulis ini sering belanja jeruk Ciasmai untuk dijual saat tanggal muda -waktu bayaran/gajian karyawan PTPN VIII Kebun Agrabinta. Salah satu pengelola kebun jeruk Ciasmai kala itu pak Dadang. Karena dia terpilih jadi Kades Sukakarya, sehingga dia tidak lagi sibuk di kebun jeruk tersebut. Sayangnya, kebun jeruk Ciasmai kini tinggal kenangan karena sudah bangkrut.

Meski demikian, Sukanagara tetap kota kecil nan sejuk masih dipenuhi buah-buahan. Bila pembaca ngaak percaya, silahkan lewat terminal atau pasar induk Sukanagara, pas pertigaan sebelah kanan jika anda datang dari arah Pagelaran akan melihat jongko-jongko buah, mulai buah jeruk, mangga, rambutan -hingga apel.

Jongko-jongko menggoda bikin lidah ingin mencicipinya, tertata dengan rapih untuk jualan buah. Itu mulai jalan ke pasar induk -hingga Alfamart, kurang lebih 100 meter, khusus jualan buah.

Bila anda naik mobil elf dari Kota Cianjur, sang sopir biasanya berhenti sejenak, siapa tahu para penumpangnya mau belanja oleh-oleh Sukanagara diantaranya buah-buahan dan martabak Udin (alm).

Tidak hanya mereka yang naik mobil umum, para pengemudi atau mereka yang naik mobil pribadi pun selalu mampir di perempatan Sukanagara ini, gudangnya buah-buahan. Jeruk manis, harganya cukup murah per kg cuma Rp25 ribu.

Jadi Sukanagara kota kecil yang kaya akan buah-buahan, terutama buah jeruk. Begitu pula daerah lain tentu memiliki julukan khas. So, apa julukan kotamu? (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here