Beranda Berita Stok Pupuk Kujang Wilayah Cianjur Aman

Stok Pupuk Kujang Wilayah Cianjur Aman

41
0

JCS – Hingga saat ini, stok pupuk Kujang yang tersimpan di gudang Cianjur cukup aman. Stok yang tersedia jenis urea sebanyak 2.653 ton, ponska 1.771 ton, dan organik 372 ton.
Namun tahun ini, alokasi pupuk bersubsidi dikurangi pemerintah, maka tentu berdampak terhadap kebutuhan petani karena tidak seimbang dan terjadi kelangkaan.
Demikian diungkapkan Account Executive Pupuk Kujang Wilayah Cianjur, Geugeu Sudewi seperti dilansir dari Antara, Sabtu (18/9/2020).

Geugeu mengutarakan, sistem kuota yang dilakukan pemerintah membuat pihaknya tidak sepenuhnya menyalurkan pupuk. Sebab, kuota yang disediakan pemerintah untuk penyaluran per satu tahun sudah habis pada bulan Juli 2020. “Itu 25 ribu ton untuk urea dan 22 ribu untuk ponska, maka penyauran tidak dapat lagi dilakukan sambil menunggu kebijakan dari pemerintah. Kalau kami salurkan tidak ada yang bayar,” ujarnya.

Menurut Geugeu, pihaknya siap menyalurkan kembali pupuk bersubsidi setelah mendapat petunjuk dari pemerintah pusat dan daerah.

Kebutuhan petani biasanya untuk sekali musim tanam menggunakan urea sebanyak 8.000 ton.
Geugeu menjelaskan, alokasi aman per satu tahun. Cianjur sendiri membutuhkan sekitar 35 ribu ton pupuk urea dan 25 ribu ton jenis ponska. “Sedangkan alokasi urea tahun ini sudah habis di bulan Juli, 24.207 ton,” katanya.
Sementara petani di sejumlah wilayah Cianjur, sejak satu bulan terakhir kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi untuk tanam padi. Bahkan, mereka terpaksa membeli dari sejumlah kelompok tani yang masih memiliki stok.

Hasbi, petani Cianjur berharap kuota pupuk subsidi untuk petani kembali ditambah karena padi yang baru tumbuh sangat membutuhkan pupuk. Menurut Hasbi, tanaman padi di sawah jangan sampai gagal gara-gara kekurangan pupuk. “Saya harap kemudahan pupuk yang subsidi,” harapnya. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here