Beranda Berita Situs Gunung Padang akan terus Dibenahi

Situs Gunung Padang akan terus Dibenahi

21
0

JCS – Situs megalitikum Gunung Padang bisa ramai dikunjungi para wisatawan, asal akses jalan ke situs ini bagus, serta fasilitas di sana komplit lagi menarik. Demkian harapan Wakil Ketua DPRD Jabar, Ade Barkah Surachman, belum lama ini.

Pria asli urang Pacet Cianjur ini berjanji akan terus mendorong perkembangan situs megalitikum Gunung Padang menjadi induk destinasi wisata di wilayah Cianjur.

Situs yang sudah mendunia alamat Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka tersebut menurut Ade Barkah, harus dibarengi dengan penyediaan fasilitas dari DPRD Jabar dan anggaran tidak terbatas untuk penataan serta pengembangan kawasan situs peninggalan zaman prasejarah saja.

Naum, menurut Ade Barkah asksesbilitas infrastrukut dari berbagai wilayah menuju Cianjur harus ditingkatkan.

Meski akes tol Sukabumi-Cianjur-Bandung, optimaliasai kareta api Sukabumi-Cianjur, dan progres pembangunan jalur Puncak II akan rampung. “Memang upaya itu harus dilakukan,” tegasnya.

Meski selama ini, penataan dan pengembangan situs terkendala oleh aturan dan terkesan tumpang tindih. Sambung Ade, untuk pembangunan itu memang butuh perhatian pusat dan pemerintah daerah.

Dan DPRD Jabar memiliki perhatian khusus terhadap pengembangan, penataan, dan pembangunan Gunung Padang agar betul-betul bisa dimaksimalkan menjadi destinasi wisata.

Sekarang, Pemprov Jabar sudah mengalokasikan pembebasan lahan seluas 11 hektare dengan nilai sekitar Rp18 miliar.

DPRD Jabar berharap agar Pemkab Cianjur, dan dinas terkait bisa membuat detail engineering design (DED) yang baik. “Pemkab Cianjur harus sinergis dengan DPRD dan Pemprov Jabar,” harap Ade.

Tahun depan, lanjut Ade, Pemkab Cianjur harus mengajukan dana yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan Gunung Padang. Lanjut Ade, karena semua fraksi di DPRD Jabar saat ini mendukung pengembangan Gunung Padang.

Terkait pembangunan Gunung Padang, Kepala Disparpora Cianjur, Yudi Ferdiana menyambut langkah DPRD Jabar yang ikut memperhatikan pengembangan Gunung Padang.

Yudi menyatakan siap bersinergi dengan Dinas Pasriwisata Jabar, dalam rangka mengembangkan Gunung Padang.

Menurut Yudi, pihaknya meangapresiasi dan menilai positif pengaktifan kembali jalur kereta Ciranjang-Cianjur-Sukabumi.

Banyak akses jalan menuju Gunung Padang. Menurut Diparpora, pihaknya akan menyiapkan konsep integrasi untuk pengembangan obyek wisata Cianjur. Jalan bagus akan memudahkan para wisatawan ke lokasi wisata, termasuk ke kampung Budaya Pandanwangi di Warungkondang, ke demplot ayam pelung dan Curug Kondang. “Dengan banyak akses jalan yang bagus, akan menarik para wisatawan ke lokasi-lokasi destinasi wisata, bukan ke Situs Gunung Padang saja,” tutup Yudi. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here