Beranda Pilkada Seru! Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur?

Seru! Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur?

44
0

JCS – Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur telah beradu visi misi melalui debat publik Pilkada Cianjur di Prime Park Hotel Bandung, Jumat (20/11/2020) siang. Tema debat, ‘Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Untuk Kesejahteraan dan Kemajuan Cianjur yang Bebas Covid-19 serta Pemerintah yang Berorientasi pada Pelayanan Publik’.

Acara diulai pukul 13.30 sampai 16.00 WIB dan disiarkan melalui streaming YouTube INewsTV Bandung.

Keempat paslon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur yang terdiri nomor urut 1, Muhammad Toha- Ade SobariĀ  (HADE); nomor urut 2, H. Oting Zaenal Muttaqin- H. Wawan Setiawan (OTW); nomor urut 3, H. Herman Suherman-TB Mulyana Syahrudin (BHS-M); dan nomor urut 4, Lepi Ali Firmansyah-Gilar Budi Raharja (PILAR).
Mereka pun saling beradu visi misi serta gagasan program guna membangun Kabupaten Cianjur lebih baik di tahun 2020-2025.

Cabup urut 1:

Calon Bupati (Cabup) Cianjur nomor urut 1, Muhammad Toha memaparkan, maju bersama Cawabup Ade Sobari berangkat dari jalur perseorangan dengan membawa visi menjadikan Kabupaten Cianjur Makmur, Bermartabat, dan Agamis. Makmur, kata Toha, memiliki makna, masyarakat yang berkecukupan dalam hal kebutuhan jasmani dan rohani. Kemudian Bermartabat, bermakna masyarakat Cianjur yang memiliki harga diri yang tinggi, terhormat, bermoral, dan beretika dalam segala aspek kehidupan.

“Sedangkan Agamis bermakna, masyarakat yang taat menjalankan agama yang dipeluknya dengan penuh keimanan dan kesungguhan,” ujarnya.

Cabup urut 2:

Sementara Calon Bupati Nomor Urut 2, Oting Zaenal Muttaqin mengatakan, ketertinggalan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Cianjur menjadi fokus perjuangannya, dengan membawa visi menjadikan Kabupaten Cianjur Maju, Mandiri, dan Berakhlakul Karimah.

“Kami akan meningkatkan IPM, akselerasi pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kerakyatan yang mandiri dan berakhlakul karimah,” papar mantan Kadisdik Cianjur ini.

Misi kedua, percepatan pembangunan infrastruktur berbasis pertanian, pariwisata, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kerakyatan. “Misi ketiga yaitu, meningkatkan pembangunan manusia yang berkualitas dan berakhlakul Karimah,” ujarnya.

Cabup urut 3:

Calon Bupati nomor urut 3, Herman Suherman mengatakan, penapaian IPM memang dijadikan parameter untuk mengukur keberhasilan pembangunan pemerintah daerah, dan capaian IPM Kabupaten/Kota di Jabar pada Tahun 2019. Nah, Kabupaten Cianjur berada di angka 65,38 poin sehingga menempatkan pada urutan 27 dari 27 Kabupaten/Kota di Jabar. Kondisi ini menjadi fokus komitmen dari pihaknya untuk melakukan perbaikan.

Menurutnya, jika menggunakan cara lama maka dibutuhkan waktu 16 tahun untuk dapat bisa sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat. Dengan formulasi yang dimilikinya, maka percepatan laju IPM 0,97 poin per tahun akan mampu tercapai. Rumusan strategi tersebut berlandaskan pada sebuah visi yaitu, Cianjur Manjur Berakhlak Mulia.

“Visi tersebut akan diwujudkan dalam program unggulan Rp. 300 Miliar per tahun untuk mewujudkan seribu kilometer jalan beton, Rp. 120 miliar per tahun untuk seribu kobong (pondok pesantren), Rp. 30 miliar per tahun untuk 10 ribu UMKM, Rp. 10 miliar per tahun untuk Cianjur Caang, dan Rp. 100 miliar per tahun untuk produktivitas seribu hektar lahan pertanian di Kabupaten Cianjur,” tutur Herman.

Cabup urut 4:

Menurut Calon Bupati Nomor urut 4, Lepi Ali Firmansyah, untuk membangun Kabupaten Cianjur lima tahun kedepan, Cianjur Baru dengan Pemerintahan harus Berorientasi Melayani, dan Mewujukan Masyarakat Sejahtera dan Religius.

Gagasan membangun Cianjur Baru yaitu, sebuah konsepsi yang dirumuskan berdasarkan pada rasa cinta dan tanggung jawab terhadap kehormatan serta harga diri dari masyarakat Kabupaten Cianjur.

“Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Cianjur yang kita cintai saat ini, berada di papan bawah dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat, dengan capaian IPM di urutan ke-27,” ungkapnya. (Sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here