Beranda Kuliner Resep Rujak Kolang Kaling Sederhana

Resep Rujak Kolang Kaling Sederhana

337
0
Kolang Kaling

JCS – Salah satu kuliner yang hampir tak bisa dilepaskan dengan meoment puasa adalah kolak. Tentu saja buah yang satu ini juga tak bisa ditinggalkan kalau sudah membahas tentang kolak, yaitu buah kolang kaling.

Kali ini JCS ingin sedikit berbagi tentang salah satu cara mengkonsumsi kolang kaling. Bukan dikolak, tetapi dirujak.

Jangan membayangkan rujak kolang kaling ini seperti rujak yang pakai sambel itu. Rujak yang dimaksud bukan seperti itu. Kalau warga Cianjur selatan menyebutnya rujak kolang kaling.

“Ini resep peninggalan mendiang ibu kami. Rasanya sangat unik (menurut saya lho), mempunyai sensasi rasa seakan inilah rasa inti sebenar-benarnya buah yang bernama kolang kaling Proses pembuatannya pun sangat sederhana. Dan bahannya pun saya tanggung setiap keluarga Indonesia sudah pasti ada di dapur setiap saat.”

“Iseng-iseng, sebelum menulis ini saya sempatkan mencoba mengetikkan tiga keyword pada browser; manisan kolang kaling, kolang kaling dan yang terakhir rujak kolang kaling. Dan situs-situs yang tampil pada halaman pertama, saya coba buka, memang resep-resep yang muncul hampir serupa, tetapi tidak (belum) saya temukan resep yang seperti saya maksud, yang saya sebut sebagai rujak kolang kaling.”

Jika di kulkas anda ada kolang kaling, dan anda belum memutuskan ingin dibuat apa, maka cobalah. Tidak ada ruginya untuk mencoba membuat rujak kolang kaling ini, karena ya itu tadi. Proses pembuatannya serta bahannya yang begitu mudah.

Langsung saja ya kita bahas bahan dan cara membuat rujak kolang kaling. Bahan-bahannya cuma ada dua :

– Kolang kaling : Banyaknya sesuaikan dengan kebutuhan, untuk satu orang, dua orang atau lebih.

– Gula Pasir : kira-kira 1/2 dari kolang kaling (gram)

Cara membuatnya :

– Cuci dulu kolang kalingnya dengan air, lalu bilas dengan air matang.

– Taburkan gula pasir ke atasnya.

– Tutup dan biarkan selama 3 – 5 jam. (kebih lama lebih baik)

– Tuangkan air panas sedikit untuk melarutkan gula dan meresapkan gula ke dalam kolang kaling.

– Tambahkan air matang sesuai selera, mau diminum hangat atau dingin dan disesuaikan dengan ukuran manisnya yang sesuai dengan selera kita. Dianjurkan, dalam menambahkan air putih yang kedua dilakukan dari sedikit-sedikit. Takutnya nanti malah kurang manis.

Siap untuk Dinikmati

Demikian resep kolang kaling yang super sederhana, tapi rasanya tak kalah dengan resep yang berwarna-warni dan super repot. Selamat mencoba. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here