Beranda Kuliner Resep Boleh Sama tapi Beda Cara Beda Rasa

Resep Boleh Sama tapi Beda Cara Beda Rasa

80
0
Ini Rendang yang Tetap Empuk?
Rendang empuk
Wargi, banyak  orang mengira kalau sudah punya resep masak rendang, maka dia akan bisa memasak rendang seperti yang dijual di warung Padang yang terkenal enak. Tetapi setelah dipraktikkan kok rasanya tetap berbeda? 
Di sinilah letak kata kuncinya, yakni resep boleh saja sama tapi beda cara memprosesnya akan menghasilkan cita rasa yang berbeda. 
Karena seni memasak tidak sama dengan seni berhitung secara matematika, misalnya 2 x 2 = 4. Dimana-mana walaupun beda bahasa dan beda negara tetap saja 2 dikalikan 2 hasilnya adalah 4. 
Dalam hal masak memasak walaupun resep persis sama, tapi beda waktu yang digunakan bisa jadi akan menghasilkan rasa yang berbeda secara total. Misalnya santan dan bumbu yang dimasak belum cukup kental, sudah terburu-buru diadukan dengan daging, maka rasanya pasti akan jauh dari enak.
Kesimpulannya bila punya resep saja dan tidak tahu cara memasaknya, maka akan berlainan hasilnya. Buktinya, sama-sama warung Padang, sama-sama menjual rendang, dendeng balado dan sebagainya.
Namun ada warung yang sangat ramai dikunjungi pelanggan dan ada juga warung Padang yang sepi-sepi saja. Itu dikarenakan masakannya berbeda, jadi rasanyapun berbeda juga.
Memasak itu ada seninya. Tidak sama dengan melakukan pekerjaan lainnya, kalau memasak hanya  berdasarkan resep dan petunjuk tapi tidak dilakukan dengan sepenuh hati maka hasilnya pasti akan jauh dari yang diharapkan.
Bahan-bahan:
1 kg daging sapi
Cabe giling dua sendok makan
Langkuas kira-kira 6 cm
Bawang merah 6 biji
Bawang putih dua bongkah
Jahe 3cm
Kemiri 6 biji
Kunyit
Cengkeh 4 biji
Garam 1 sendok makan
Minyak sayur sedikit
Daun kunyit satu lembar
Daun jeruk perut 3 lembar
Daun salam 3 lembar 
Santan  2 atau 3 kelapa yang cukup tua
Cara Memasaknya:
Rebus dulu daging sampai empuk,lalu ditiriskan. Potong-potong menurut selera berapa besar potongan rendang yang diinginkan. 
Cara memotongnya adalah dengan menyesuaikan dengan alur dari serat daging, kalau dipotong berbeda dengan serat daging maka hal ini akan mempengaruhi rasa karena bumbu tidak meresap kedalam daging ketika diaduk. 
Semua bumbu digiling sampai halus dan ditumis dengan sedikit minyak goreng. Tunggu hingga matang kemudian semua bumbu dimasak dengan santan yang sudah disiapkan
Aduk dan masak sampai  betul-betul kental yang ditandai dengan terbit minyak dibagian atas masakkan. Terbitnya minyak dari santan ini menunjukan bahwa kadar air dalam santan sudah mencapai titik nol. 
Karena selama masih terdapat kadar air dalam santan, minyak tidak akan mungkin bisa terbit. Kalau terburu buru  mengangkatnya maka resikonya rendang bisa cepat basi dan ditumbuhi jamur dan rasanya juga pasti berbeda
Masukkan daging yang sudah dipotong potong  dan masak lagi dengan api yang kecil beberapa saat (kira-kira 15 menit) Rendang  siap untuk dihidangkan  dan rasanya tetap empuk biar disimpan lama di dalam kulkas. 
Silahkan mencoba resep ini pasti sama dengan masakan rfendang yang terkenal enak dan gurih.
Bilamana rendang akan dibawa berpergian jauh ,maka santan dan bumbu dimasak hingga benar benar kering, sehingga berwarna kehitaman. Hal ini untuk mencegah timbulnya jamur dan menghindarkan agar jangan basi. 
Bagi yang tidak mau repot,cukup beli bumbu siap pakai, yang banyak dijual di supermarket. Harganya juga tidak mahal sehingga dapat menghemat waktu. 
Dalam setiap kemasan bumbu, sudah ada petunjuknya namun jangan lupa bumbu boleh sama tapi beda cara akan menghasilkan cita rasa yang berbeda and ajib. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here