Beranda Khazanah Ramadhan ke-26, Lembutkan Hati dengan Berdo’a, Ini Do’anya!

Ramadhan ke-26, Lembutkan Hati dengan Berdo’a, Ini Do’anya!

91
0

JCS – Memasuki hari ke-26 puasa bulan Ramadhan 1441 Hijriyah jangan sampai kendur semangat berbuat kebaikan, terlebih berdoa mengharap ridha Allah ‘Azza wa Jalla.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling istimewa. Di bulan suci ini, semua amal ibadah dan permohonan ampunan akan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-hambaNya yang ikhlas menjalankan perintah-Nya.

Keistimewaan lain bulan ini, yakni adanya satu malam yang lebih baik dibanding 1.000 bulan yakni Lailatul Qadar.

Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan doa. Sebab, doa-doa yang dipanjatkan insyaAllah akan dikabulkan oleh Allah.

Allah SWT berfirman yang artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (QS. Al-Baqarah: 186).

Asbabun Nuzul ayat 186 ini, ketika Mu’awiyah bin Haidah berkata,” Seorang Badui mendatangi Rasulullah dan bertanya, ‘Apakah Tuhan kita dekat, sehingga kita cukup berbisik saat berdoa pada-Nya. Ataukah Dia jauh, sehingga kita harus berteriak saat memohon pada-Nya?’ Rasul terdiam tidak menjawab pertanyaan itu. Akhirnya, turunlah ayat ini. (H.R. Ibnu Jarir, Ibnu Abi Hatim, Ibnu Mardawaih, Abu Syaith dan lainnya).

Karena itu, memasuki hari ke-26 puasa bulan Ramadhan tingkatkan doa dan mengharap ridha Allah. Ini doanya: “Allahummaj’al sa’yii fihi masykuruuan wa dzan bii fihi maghfuuran wa ‘amalii fihi maqbuulan wa ‘aybii fihi mastuuran yaa asma’as saami’iina. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah setiap langkah usahaku di bulan ini sebagai ungkapan rasa syukur dan dosa-dosaku terampuni, amal-amalku diterima dan seluruh aib kejelekanku ditutupi. Wahai Yang Maha mendengar dari semua yang mendengar”. Wallahu a’lam.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here