Beranda Olahraga Profil Komjen Mochamad Iriawan – hingga Terpilih menjadi Ketum PSSI 2019-2023

Profil Komjen Mochamad Iriawan – hingga Terpilih menjadi Ketum PSSI 2019-2023

16
0

JCS – Bagi pria yang akrab disapa Iwan Bule, dengan nama asli Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Mochamad Iriawan, insyaAllah mampu membawa dunia sepak bola Tanah Air.

Sebab, di dunia sepak bola, Iwan juga cukup pengalaman ketika dipercaya memegang status pembina Persib Bandung sejak 2009.

Kini, Iwan terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2019-2019. Iwan Bule menang mutlak dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu lalu.

Sosok Iwan Bule:
Sekretaris Utama (Sekum) Lemhanas itu dikenal sebagai salah satu perwira tinggi Polri dengan karir cukup bagus. Dia telah menduduki sejumlah jabatan strategis di Polri. Dia alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1984. Karier dia menanjak ketika menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Banyak kasus yang dibongkar oleh Iwan dan jajaran saat itu, salah satunya perkara pembunuhan Dirut PT Putra Rajawali Banjaran, Nasarudin Zulkarnaen, pada tahun 2008. Terungkapnya kasus itu membuat banyak mata orang membelalak, pasalnya, menyeret mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Saat itu Iwan Bule berpangkat Kombes. Termasuk masalah Gayus Tambunan, pegawai pajak berharta miliaran rupiah. Gayus merupakan tersangka terkait praktik mafia hukum dalam perkara korupsi dan pencucian uang senilai Rp28 miliar.

Gayus dijemput di Singapura melibatkan pria yang jadi Ketum PSSI ini. Saat itu Iwan menjabat Wakil Direktur I Keamanan Transnasional Bareskrim Polri.

Banyak makan asam garam di dunia reserse, Iwan lantas dipercaya menjabat tongkat komando teritorial.

Pengalaman tugas menjadi pucuk pimpinan level provinsi:
Pria kelahiran Tanah Abang, Jakarta ini dipercaya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (2012), Kapolda Jabar (2013), dan Kapolda Metro Jaya (2017).

Awal tahun 2018, Iwan Bule diusulkan Mabes Polri ke Kemendagri untuk menjadi Pj Gubernur Jabar.

Biografi/rekan jejak:
Jabatan dialami pria kelahiran Jakarta, 31 Maret 1962. Pangkat terakhir Komisaris Jenderal Polisi alias bintang tiga.

Pendidikan: SMA (1980), S1 (1997), S2 (2001), Akabri (1984), PTIK (1998), Sespati XIII (2007), Lemhanas (2012).

Selamat atas terpilih menjadi Ketum PSSI, semoga PSSI ke depan lebih mentereng dan berprestasi. (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here