Beranda Berita Prihatin! Simulasi UNBK SMK Gangguan Server Pusat dan Listrik

Prihatin! Simulasi UNBK SMK Gangguan Server Pusat dan Listrik

58
0

JCS – Proses simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK dilaksanakan mulai Senin, (17/2/2020). Namun sayang simulasi mengalami gangguan server dari pusat. Ditambah lagi listrik di Cianjur selatan terlalu sering padam. Akhirnya, masing-masing sekolah menyiapkan desel sebagai antisipasi dimana terjadi gangguan listrik.

Kegiatan pra ujian nasional bagi para siswa kelas 12 ini, setidaknya harus ekstra sabar bagi siswa maupun petugas simulasi.

Simulasi bagi para siswa wajib diikuti sebagai latihan atau belajar menjawab soal-soal dalam komputer, sekaligus uji coba perangkat komputer yang akan digunakan pada waktu UN nanti.

Informasi didapat JCS, simulasi hari pada Senin pagi itu dilaksanakan serentak seluruh SMK terutama di Jawa Barat, namun pelaksankaannya mengalami gangguan koneksi internert dari pusat.

Ya, di Jawa Barat, simulasi yang semestinya dimulai Senin (17/2/2020), kini harus ditunda. Pasalnya, jaringan koneksi internet ke perangkat komputer para peserta UNBK gangguan sehingga tak terkoneksi.

Gangguan koneksi internet terjadi di seluruh SMK di Jabar. Akibatnya, peserta UNBK hingga sekarang masih menunggu sampai ada perbaikan server internet dari pusat.

Menurut petugas operator SMK di Cianjur, padahal pihak sekolah sudah melakukan sinkronisasi, dan menkoneksikan alat-alat komputer yang akan digunakan pada pelaksankaan simulai kali ini. “Setiap ruangan yang akan digunakan, semuanya sudah diseterilkan, akan tetapi ini kendala server dari pusat bukan kesalahan dari kita,” ungkap proktor di salah satu SMKN di Cianjur selatan, Senin.

Dari pantauan JCS, bahwa simulasi ini sedianya dilaksanakan mulai Senin-Rabu nanti. Karena menemui kendala pada koneksi internet, maka sebagian sekolah di Cianjur saat ini belum bisa melaksanakan simulasi ujian tersebut.

Mereka berharap, pelaksanaan simulai besok berjalan lancar. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here