Beranda Pendidikan PPDB dan Masuk Sekolah di Zona Hijau

PPDB dan Masuk Sekolah di Zona Hijau

67
0

JCS – Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan kembali membuka sekolah yang berada di wilayah zona hijau.
Maka, informasi daftar zona hijau menjadi penting bagi para orang tua, khususnya di daerah perkotaan, karena saat ini memasuki tahap pendaftaran Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB 2020) dan akan memasuki tahun ajaran baru 2020/2021.

Jadi, para orang tua siswa seharusnya tahu mana zona hijau kabupaten dan kota agar nbisa mempertimbangkan, apakah anak boleh ke sekolah atau belajar di rumah.

Penetapan daftar zona hijau kabupaten dan kota oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadi dasar apakah sekolah boleh dibuka untuk belajar tatap muka.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pun membolehkan wilayah di zona hijau untuk kembali membuka sekolah.
Namun, wilayah Covid-19 di zona kuning, oranye dan merah masih dilarang untuk melakukan kegiatan tatap muka dan membuka sekolah.

Pembukaan sekolah ini juga akan dilakukan secara bertahap mulai dari jenjang SMA sederajat dan SMP.
Nadiem Makarim menjelaskan, relaksasi pembukaan sekolah dilakukan dengan cara paling konservatif, dan cara terpelan untuk membuka sekolah sehingga mengutamakan kesehatan.
“Memang banyak yang dikorbankan saat belajar dari rumah, kualitas belajar di korbankan dan kualitas daring tidak sama dan sebagian masih ada kesulitan,” kata Makarim.

Ia menegaskan, sikap Kemdikbud saat ini adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Saat ini zona merah, kuning dan oranye merepresentasikan sebanyak 94% sekolah di Indonesia. “Sedangkan 6 persen di zona hijau diperbolehkan seizin pemerintah daerah untuk melakukan belajar tatap muka tapi dengan protokol sangat ketet,” tegasnya. (ziz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here