Beranda Berita PMI Cianjur: Masyarakat Agar Kembali Aktif Mendonorkan Darah

PMI Cianjur: Masyarakat Agar Kembali Aktif Mendonorkan Darah

35
0

JCS – Selama pandemi Covid-19 pemenuhan stok darah di Kabupaten Cianjur minim sekali. Karena itu, butuh partisipasi donor darah dari berbagai kalangan.

Menurut Petugas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Cianjur, dr Susi,  kondisi pandemi Covid-19 memang berdampak pada pemenuhan stok darah. Kondisi ini membuat pengumpulan darah perbulannya sekitar 1200 labu. Sedangkan kebutuhan darah untuk setiap bulannya mencapai 1500 hingga 2000 labu.

Selain adanya pembatasan dalam setiap kegiatan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, lanjut Susi, juga masih ada masyarakat yang takut untuk beraktivitas di luar rumah atau sekedar datang ke UTD PMI untuk donor darah.

“Saat ini setiap bulannya hanya baru terpenuhi sekitar 1200 labu. Sedang kebutuhan darah untuk setiap bulannya mencapai 1500 hingga 2000 labu,” kata Susi, kepada wartawan, Minggu (11/10/2020).

Menurut Susi, untuk dapat menutupi kekurangan stok darah ini, pihak PMI telah berusaha mencari seperti dari PMI Bandung dan sejumlah kota/kabupaten lain.

Seperti pasien Thalasemia di Cianjur cukup banyak untuk memerlukan darah setiap bulannya. Selain itu, masyarakat yang mengalami insidental, seperti kecelakaan lalu lintas, ataupun melahirkan yang memang membutuhkan pasokan darah.

“Kami mengajak masyarakat agar kembali aktif dan rutin melakukan donor darah,” harapnya. (Sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here