Beranda Advertorial Perjalanan Tottenham Hotspur -Final lawan Liverpooll

Perjalanan Tottenham Hotspur -Final lawan Liverpooll

71
0
Tottenham

JCS – Liku-liku perjalanan Tottenham Hotspur hingga mereka mampu mencapai final Liga Champions 2018/2019 menghadapi Liverpooll. Tentunya bukan perjalanan yang mudah!

Ya, Tottenham Hotspur berhasil melaju ke partai final Liga Champions musim ini dengan menyingkirkan Ajax Amsterdam, Kamis (09/05/2019) dini hari tadi.

Tottenham harus kalah terlebih dulu di leg pertama semifinal Liga Champions 2018/19 dengan skor 0-1. Bertamu di leg kedua, Tottenham Hotspur berhasil menang dengan skor 2-3 di markas Ajax.

Hattrick yang dicetak oleh Lucas Moura, berhasil membungkam Ajax yang berhasil mencatat dua gol lewat Matthijs de Ligt dan Hakim Ziyech.

Pencapaian masuk final Liga Champions 2018/19 ini tentu bukan hanya sebuah prestasi untuk Pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino. Melainkan juga untuk sejarah klub asal London Utara itu.

Tottenham memang baru sekali ini masuk ke final Liga Champions di sepanjang sejarah mereka. Mereka hanya pernah mencapai final di ajang Liga Europa, bahkan itu masih bernama UEFA Cup, tahun 1984 yang artinya 35 tahun silam.

Melihat perjalanan terjal Tottenham Hotspur mencapai Liga Champions musim ini, tentu mereka tidak ingin membuang kesempatan ini dengan mengunci gelar juara mengalahkan Liverpool.

Bagaimana liku-liku perjalanan Tottenham di Liga Champions musim ini mulai dari babak grup hingga babak final yang akan dimainkan tanggal 02 Juni 2019 mendatang. Berikut ulasannya!

Nyaris Terperosok di Babak Grup

Masuk ke Liga Champions untuk ketiga kalinya beruntun, pertama kali dalam sejarah, fans Tottenham Hotspur tentu langsung lemas saat awal melihat undian babak grup Liga Champions di awal musim 2018/2019 kemarin.

Bagaimana tidak, Tottenham tergabung di Grup B Liga Champions 2018/2019, yang banyak disebut sebagai grup neraka. Barcelona, Inter Milan dan kuda hitam dari Belanda, PSV Eindhoven menjadi lawan-lawan yang harus dilewati oleh Tottenham.

Masuk grup neraka, Tottenham bahkan langsung digebuk sejak pekan pertama. Mereka kalah 2-1 dari Inter Milan di laga pertama Grup B Liga Champions pada September 2018 lalu.

Laga kedua juga mereka masih dipaksa berlutut saat kalah 2-4 di kandang sendiri oleh Barcelona. Pertandingan selanjutnya menghadapi PSV Eindhoven, Tottenham seperti terluka secara mental, hasil imbang di pekan ketiga Grup B Liga Champions 2018/2019.

Namun, November 2018 semuanya seolah berubah untuk Tottenham Hotspur. Mereka seperti bangkit dengan kemenangan 2-1 atas PSV di Stadion Wembley, tanggal 06 November 2018.

Akhir November menghadapi Inter Milan, mereka juga berhasil menang 1-0 dan memastikan lolos dengan hasil imbang 1-1 saat bertamu ke Camp Nou di laga terakhir. Mereka lolos dengan keunggulan selisih gol dari Inter Milan.

Tantangan Berat Tottenham Sejak 16 Besar Liga Champions

Entah kenapa dengan Tottenham Hotspur, mereka seolah-olah disulitkan di Liga Champions. Bahkan kesulitan itu dilanjutkan saat mereka lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Hasil undian babak 16 besar Liga Champions lagi-lagi tak berpihak pada Tottenham. Mereka langsung berhadapan dengan klub raksasa Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

Namun jangan pesimis, Tottenham seperti sudah dibentuk secara mental dan permainan karena grup neraka. Terbukti, Spurs berhasil dibawanya ke babak perempatfinal Liga Champions usai menyingkirkan Dortmund dengan skor agregaet 4-0. Luar biasa.

Kejeniusan Pochettino kembali harus diuji saat babak perempatfinal Liga Champions mereka kembali dihadapkan dengan lawan berat. Yaitu menghadapi wakil negaranya sendiri, Manchester City.

Hanya menang 1-0 di kandang, Spurs harus menerima kekalahan 4-3 dari Manchester City di Stadion Etihad. Christian Eriksen cs kembali beruntung karena lolos secara agregat 4-4, unggul gol kandang.

Tibalah di semifinal Liga Champions 2018/2019, Tottenham dan Ajax Amsterdam bertemu. Ajax sendiri cukup ditakuti sejauh ini, mereka sudah menyingkirkan Real Madrid dan Juventus.

Kalah 0-1 di leg pertama yang dimainkan di markas Tottenham, tentu ini jadi pukulan. Hingga kejutan terjadi saat Tottenham berhasil menang 2-3 di Amsterdam ArenA dini hari tadi. Mereka berhasil lolos ke final dengan agregat 3-3, unggul gol tandang.

Sudah melalui perjalanan terjal dan menghadapi klub-klub besar, Tottenham Hotspur harus benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengangkat trofi Liga Champions, pertama kalinya dalam sejarah klub mereka. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here