Beranda Wisata Penggawa JCS saat Terjebak Macet di Jalan Ciwidey-Soreang

Penggawa JCS saat Terjebak Macet di Jalan Ciwidey-Soreang

100
0
Ciwidey-Soreang

JCS – Di jalan Ciwidey-Soreang Bandung, Minggu malam (16/6/2019), lalu lintas kendaraan tersendat. Suara klakson kendaraan di lajur kanan bersahutan. Para pengendara yang berada di belakang kendaraan yang dikemudikan penggawa JCS seakan sangat dekat. Saya pikir, mungkin mereka memprotes pengendara sebuah mobil yang berhenti di lajur tersebut, atau memang merasa kesal karena jalur itu sedang macet. Pikiran saya yang ikut merasakan terjebak macet, barangkali ada peristiwa lalulintas di depan.

Sebelumnya, perjalanan dari Cidaun-Naringgul menuju Kota Bandung itu cukup lancar. Di ruas jalan yang penuh tantangan itu, memang terdapat titik-titik yang rawan kecelakaan. Bagi pengendara yang baru mengenal tanjakan Hu’ut dan tanjakan Seribu setidaknya akan membelalakan kedua mata. Apalagi bagi sopir yang baru mengenal perjalanan malam di jalur yang terkenal sering memakan korban jiwa (nauzubillahi min dzalik), setidaknya ia harus berpikir dua kali.

Nah, di jalur yang klakson-klakson itu disuarakan sekitar jam sepuluh malam. Maklum hari Minggu, dimana orang-orang banyak yang sudah menikmati, dan besoknya siap kembali masuk kerja. Namun terbesit dalam pikiran JCS, jangan-jangan ada pertandingan Persib Bandung di lapang Si Jalak Harupat.

Semua kendaraan yang terlihat di depan tampak memanjang seperti sedang pawai atau sebuah acara menggunakan mobil dan motor.

Ahad malam itu terlihat lampu-lampu rem dari masing-masing kendaraan. Posisi kemacetan tepatnya di Jalan Pasir Jambu, atau lintasan Ciwidey-Soreang. Jam setengah sebelas malam, kondisi kendaraan masih padat, tak seperti biasanya. Polisi lalulintas tak satupun yang terlihat.

Dalam hati bertanya-tanya, “ada apa gerangan?”

Jam 11 malam, satu-persatu kendaraan mulai bergerak alias maju perlahan. Saya yang mengemudikan sebuah mobil avanza veloz mengikuti arah yang sama dengan kendaraan lainnya mengarah Kota Bandung. Sambil kaki ini menginjak gas dengan pelan-pelan, laju kendaraan kadang berhenti kadang maju, namun dalam pikiran saya masih penasaran soal kemacetan itu.

Seiring waktu yang semakin malam, laju kendaraan berangsur lancar, tepatnya dekat kantor polisi Pasir Jambu-Soreang, ada sebuah mobil truk parkir di tengah jalan, menurut warga yang sempat saya tanya, bahwa truk tersebut mengalami kecelakaan, tabrakan dengan sebuah mobil mini bus.

Itulah yang menjadi penyebab kemacetan kendaraan pada jalur alternatif Bandung-Cianjur selatan, yakni di Ciwidey-Soreang. Demikian yang saya alami saat menempuh perjalanan menuju Kota Bandung malam itu. Hikmahnya, agar kita belajar sabar saat terjebak macet, dan selalu hati-hati ketika anda melintas jalan Cidaun-Naringgul-Bandung. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here