Beranda Gadget Pemerintah Mencegah Peredaran Ponsel Ilegal

Pemerintah Mencegah Peredaran Ponsel Ilegal

49
0

JCS – Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika pada Kementerian Kominfo RI, Ismail mengatakan, pihaknya akan memberlakukan kebijakan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Pengendalian ini bekerja sama dengan seluruh operator telekomunikasi, tujuannya untuk mencegah peredaran perangkat ilegal melalui regulasi baru.

Pemerintah juga akan menggunakan skema White List sebagai proses pengendalian IMEI secara preventif agar masyarakat mengetahui legalitas perangkat yang akan dibeli.

“Skema ini dipilih dengan pertimbangan melindungi dan memitigasi masyarakat yang memberli perangkat tersebut,” beber Ismail dalam Konferensi Pers di Ruang Serbaguna Kominfo, dikutif dari laman resmi Kominfo, Sabtu (29/2/2020).

Dengan skema blacklist, akan meyakinkan masyarakat, misalnya, saat menggunakan ponsel yang dibeli dan jika ternyata ilegal maka akan muncul notifikasi pemblokiran.

Jadi masyarakat, kata Ismail, membeli perangkat handphone, komputer genggam, dan komputer tablet yang legal.

Pengecekannya di situs Kemenperin (imei.kemenperin.go.id) sebelum melakukan pembelian perangkat yang akan dibeli di toko maupun online. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here