Beranda Cianjur Selatan Palawija

Palawija

181
0

JCS – Palawija merupakan salah satu kunci dalam menggalakkan diversifikasi pangan di Indonesia demi mempertahankan ketahanan pangan.

Dilansir dari majalah pertanian, Sabtu (12/10/2019) bahwa sistem tanam berkelanjutan perlu melakukan rotasi tanaman.

Manfaat Palawija:
Palawija mampu menghemat air di saat musim kering sehingga tidak memberikan beban bagi irigasi, terutama ketika irigasi tidak mampu memberikan cukup air untuk pertanian.

Palawija juga mampu menjaga sumber penghidupan di dataran tinggi ketika padi tidak dapat tumbuh.

Di salah satu lereng gunung, petani bisa melakukan rotasi tanaman dengan menanam padi yang diselingi palawija atau tumpang sari, tujuannya untuk memutus siklus hidup hama tikus. Rotasi tanaman ini terbukti meningkatkan produktivitas hasil pertanian setempat.

Di sisi lain, palawija merupakan tanaman yang cukup rentan terhadap serangan hama sehingga juga rentan dengan serangan hama besar seperti hewan peliharaan milik warga berupa domba, biri-biri atau bahkan babi hutan.

Ketahanan pangan:
Seperti ditulis di atas bahwa palawija merupakan salah satu kunci dalam menggalakkan diversifikasi pangan di Indonesia demi mempertahankan ketahanan pangan.

Lahan tradisi yang tidak digarap, contohnya lahan bekas kehutanan, lahan lancuran PTPN, bisa ditanam palawija karena penanaman banyak air.

Jika terwujud, hal ini dapat meningkatkan produksi pangan.
Para petani juga memilih untuk beralih ke palawija ketika komoditas utama mereka mengalami penurunan harga, seperti yang dialami petani tebu di Jawa Tengah.

Lembaga penelitian yang dipercaya:
Di Indonesia terdapat tiga lembaga pemelitian pertanian yang mengkususkan pada penelitian palawija, antara lain: Balai Penelitian Jagung dan lainnya di Maros Sulawesi Selatan. Kedua, Balai Penelitian Kacang-kacanhan dan umbi-umbian (BALITKABI) di Jawa Timur (Jatim).

Ketiga, Balai Penelitian Tanaman Pangan di Pangalengan Bandung.

Mereka sepakat, ketika musuim kemarau agar petani menanam palawija. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here