Beranda Cianjur Selatan Nguseup di Leuwi Awi Citangkolo Banyak Ikan Tawar

Nguseup di Leuwi Awi Citangkolo Banyak Ikan Tawar

23
0

Nguseup di Leuwi Awi Citangkolo Banyak Ikan Tawar
JCS – Leuwi Awi menjadi tempat pemancingan warga Desa Sindangsari Kecamatan Leles. Ikan-ikan yang dihasilkan oleh para pemancing memang beragam jenisnya, mulai ikan beunteur, boboso, nila hingga lubang.

Kali atau sungai Citangkolo yang mengalir ke kali Cisokan itu kerap dijadikan tempat mancing para penghobi, itu biasanya ramai pada saat memasuki petang hingga malam. Namun, ada juga yang sengaja datang pada waktu siang hari.
Leuwi Awi Citangkolo terletak di wilayah Desa Sindangsari Kecamatan Leles, Cianjur, tak jauh dari kampung Cikananga dan kampung Cihaur.

Adi (16) mengaku sering mancing di Leuwi Awi ini bersama teman-temannya. Menurut Adi, ikan yang didapat lumayan banyak, cuma ikan-ikan kecil seperti beunteur dan salusur. “Mancing siang cuma ikan beunteur sama salusur, tapi kalau mau dapat lubang dan lele dimana waktu menjelang maghrib atau malam,” kata pria yang masih sekolah tingkat SMP ini, yang mengisi waktu libur sekolahnya, Jumat (29/5/2020).

Senada diutarakan Dede Brother (44) bahwa mancing di aliran sungai Citangkolo menjadi sesuatu hal biasa, kala waktu santai di rumah. Dede merupakan ahli mancing juga, karena acap kali dirinya turun ke Leuwi Awi tak jarang berhasil. “Masing-masing jenis ikan ada waktu keluar dan makannya. Kalau lubang biasa keluar pada waktu malam hari, tapi jangan pas bulan purnama,” tutur Dede.

Dede mengatakan, ikan-ikan yang diapat dari kali Citangkolo terkadang dijual. Misalnya ikan gabus dari tangkapan dengan cara diteger. “Ya kalau gabus dapatnya diteger gunakan bancet,” tuturnya.

Menurut Dede, aliran kali Citangkolo memberikan manfaat bagi warga di sini, soalnya bantara perkampungan penduduk dengan aliran kali cukup dekat. “Bukan ikan-ikan itu aja, kayu bakar juga banyak di Kali Citangkolo. Sebab, minggu kemarin ada banjir besar, jadi seueur ikan sareng suluh sarah,” ujarnya. (hn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here