Beranda Pertanian Mulai Panin Jagung dan Kacang

Mulai Panin Jagung dan Kacang

19
0

JCS – Bulan Februari ini merupakan masa panen jagung dan kacang di Cianjur selatan. Adapun jenis padi huma belum saatnya panin.

Aktivitas memetik jagung (yang pas untuk direbus) terlihat diberbagai wilayah.

Tak ketinggalan di Agrabinta dan Leles. Meski panen tapi sepertinya ada serangan hama baru, semacam spodoptera frugiperda. Sebagian petani berusaha menyemprot menggunakan pestisida kimia sintetis. Dengan bekal insktisida seadanya, petani menyemprotnya dengan harapan hama akan mati. Namun ternyata yang didapat tidak sesuai dengan bayangan.

Salah seorang petani asal Sukamulya Leles yang menggarap lahan kebun karet Agrabinta, Dia Hadriawan (48), mengaku kebun jagung dan jenis palawija lainnya yang ditanam pada tahun ini terserang hama, namun itu tidak menggagalkan komodity ini. “Hama aya wae, mung kaburu disemprot, janten tiasa panen, alhamduluillah,” tutur Dia.

Asep (47), sama petani, berharap pada pihak terkait, agar rajin memonitoring lahan-lahan pertanian warga, tujuannya agar mendapat bimbingan dan penyuluhan, bagaimana caranya agar tanaman jagung dan jenis tanaman lainnya tidak habis oleh hama.

Jika ada rekomendasi penyuluh bagi petani akan lebih mudah mengusir hama. Sebab, lanjut Asep, secara kajian ekonomi, mulai modal tanam, waktu dan tenaga untuk menggarap tidak sebanding dengan hasilnya, kini hanya sekedar bisa panin buat kebutuhan di rumah, dan dibagikan kepada tetangga. “Belum bisa menjual ke luar. Jadi kami ingin ada bimbingan teknis singkat tentang jenis hama yang menyerang serta teknik pengendalian yang tepat,” ujarnya.

Hasil pengamatan JCS, kebun atau lahan yang digarap petani di Cianjur selatan tidak semuanya terserang hama.

Tanaman palawija yang tak terserang hama karena petani mampu mengatasinya secara tepat. Petani yang pandai mengusir hama, maka tanaman jagung yang tumbuh kembali dengan tunas-daun baru.

Di lahan yang digarap para petani bervariasai mulai 1 hektar hingga belasan hektar di lahan Perkebunan Agrabinta (lepas HGU), itu selain ditanam jagung, juga ditanam padi (huma), kacang, ketimun dan jenis lainnya. (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here