Beranda Cianjur Selatan Muhammad Rayi Harun Al-Rasyid jadi wakil Cianjur pada MTQ Jabar

Muhammad Rayi Harun Al-Rasyid jadi wakil Cianjur pada MTQ Jabar

34
0
Muhammad Rayi Harun Al-Rasyid (kanan)

JCS – Pria asal Leles Cianjur selatan, Muhammad Rayi Harun Al-Rasyid keluar sebagai juara pertama hafiz atau hafal Al-Qur’an 30 Juz pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Cianjur 2020 di Warungkondang, belum lama ini.

Penggawa JCS mengenal sosok Rayi ini, karena dia pernah belajar di MA Leles dan santri di Ponpes Babussallam (lawang keselamatan, red). Rayi adalah anak pasangan Kiayi Bahrul Ulum dan Heni yang juga pengasuh Pondok Pesantren Babussallam yang beralamat di pusat Kota Leles, Desa Pusakasari Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur (Cianjur selatan).

Rayi adalah adik dari Fauzi dan Ai Aahdah. Rayi juga lulusan MA Leles tahun lalu, namun untuk belajar menghafal Al-Qur’an bagi Rayi tentu atas gemblengan dasar sang ayah kang Ulum, (sapaan Kiayi Bahrul Ulum), belajar di sekolah, di Ponpes Babussalam dan belajar khusus tahfiz Al-Qur’an disalah satu ponpes di Solo Jawa Tengah.

Dengan menyabet juara I, secara otomatis Rayi akan menjadi wakil Kabupaten Cianjur pada MTQ tingkat Jabar yang menurut rencana akan dilaksanakan Maret 2020.

Selama ini, Rayi dikenal orang yang rajin belajar Al-Qur’an dan berprestasi. Dalam sebuah acara pengajian di Ponpes Babussallam, Rayi pernah dipetel melafalkan ayat-ayat Suci Al-Qur’an dihadapan ayah, ibu, kaka, para santri dan mustami. Menalar ayat-ayat suci Al-Qur’an dimulai Maghrib sampai jelang subuh.

Dalam beberapa ajang, ia juga mendapatkan penghargaan.

Anak ketiga dari empat bersaudara ini pernah ikut serta program gerakan penghafalan dan pengkajian Al-Qur’an (GP2Q) Cianjur. Seiring perjalanan waktu, maksudnya proses Rayi menimba ilmu, Rayi kemudian mengikuti ajang STQ Juz mewakili Kecamatan Leles. “Alhamdulillah anak saya masuk lima besar tingkat provinsi,” kata Kiayi Bahrul Ulum, kepada JCS, Selasa (4/2/2020).

Prestasi didapat Rayi tentu buah dari keuletan dan ketekunan Rayi sendiri dalam menghafal Al-Qur’an.

Pengasuh Ponpes Babussalam Leles berharap doa dan dukungan dari semua, agar Rayi tetap semangat dan siap berlomba pada MTQ tingkat Jabar bulan nanti. “Keluarga kami mohon doanya dari masyarakat Cianjur, khususnya warga Leles,” ucap kang Ulum.

Diketahui, para penghafal Al-Quran 30 Juz dari Leles bukan hanya Rayi, salah satunya Alda Sulistia (17), putri Kusnandar warga atau samping SDN Cikaret Desa Sukamulya Leles. Keluarga bos kayu Kus ini mendapat perhatian dari Pemkab Cianjur, yaitu Umroh ke Tanah Suci tahun lalu. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here