Beranda Cianjur Selatan Menyimak Sambutan Kades Kalibaru Nandi saat Pengajian di DKM Nurul Mubin

Menyimak Sambutan Kades Kalibaru Nandi saat Pengajian di DKM Nurul Mubin

26
0
Kades Nandi (kedua dari kanan) saat di rumah ketua DKM Nurul Mubin
Kades Nandi (kedua dari kanan) saat di rumah ketua DKM Nurul Mubin

JCS – Kepala Desa (kades) Kalibaru, Nandi mendukung dan aktif mengikuti kegiatan keagamaan di wilayahnya. Selain itu, kuwu Nandi juga mendukung kehadiran organisasi masyarakat (ormas) selama tidak melenceng dari aturan.

Satu contoh, Rabu (12/11/2020) malam, kuwu Nandi menghadiri peringatan Maulid Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam di DKM atau Masjid Nurul Mubin, kampung Cibeureun, Desa Kalibaru Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur.

Kuwu Nandi yang punya gaya bicara polos dan kocak itu hadir di tengah-tengah mustami dan warga di sana. Ia menuturkan soal program pemerintahannya, kegiatan keagamaan dan mengutarakan banyak ormas di Desa Kalibaru.

Saat acara berlangsung, dimana dia sedang makan malam bersama ajengan tiba-tiba ada panggilan sambutan dari pembawa acara. Nandi didampingi tiga stap desa yang hadir di rumah ketua DKM itu bergegas ke podium untuk menyampaikan sambutannya.

“Melalui kegiatan keagamaan, pesan dan program pemerintah desa bisa kami sampaikan kepada masyarakat. Tapi punten ka sadayana nu hadir tempat calik pangpayunan kudu di calikan heula. Abdi moal waka sambutan mun korsi nu dua jajar eta masih kosong,” seru Nandi bernada serius campur kocak, Rabu malam.

Menurutnya, tujuan peringatan Maulid Nabi SAW adalah untuk menjalin silaturahmi antar sesama warga desa dan menuntut ilmu. “Menjaga kekompakan, kebersamaan, serta persaudaraan. Saya mengajak para tokoh, pemuda dan masyarakat Kalibaru agar giat pengajian dan sadar kegiatan sosial,” katanya.

Dia juga berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Dan seluruh masyarakat Desa Kalubaru agar selalu menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat, saling tolong menolong serta menjaga kedamaian antar sesama warga.

Sekanjutnya, dia mengingatkan masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaannya untuk dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Poskamling tetap dieksiskan, apalagi daerah ini berdekatan dengan jalan Pasrkuda-Bandung. “Jadi masyarakat harus kompak menjaga keamanan dan lebih berhati-hati dalam bermasyarakat maupun saat menerima tamu,” pesannya.

Nandi menegaskan, Pemerintah Desa Kalibaru sangat mendukung terselenggaranya berbagai acara keagamaan. Untuk ormas, sialahkan bermitra dengan pemerintah desa, hanya saja, pesan Nandi, jangan meminta-minta sumbangan atau proposal yang tidak jelas peruntukannya, tapi tunjukan kreativitas atau kegiatan yang bermanfaat.

Setiap acara warga, sambung Nandi, pihaknya sangat mendukung seperti pengajian-pengajian majelis ta’lim. Ini sangat bagus karena sebagai upaya untuk membangun masyarakat desa yang lebih religius.

Nandi kembali menekankan terhadap ormas, paguyuban dan semacamnya harus bermitra baik serta kerja nayata untuk masyarkat. Singkatnya kata Nandi, pihaknya akan mendukung asal ‘tiasa ngajalankan agama darigama. “Ormas manapun yang masuk Desa Kalibaru sikahkan, tapi kalau sudah melenceng tina koridor agama darigama moal didukung,” tegas Kades periode 2019-2026 itu.

“Doakeun simkuring sing tiasa neangan peluang anggarabmn sareng program nu sajelas-jelasna, transparan ngajalankeuna. Hayu urang sami sami milari elmu.”

Simkuring sieun mun teu amanah. Matakna kuring ngajak ka masyarakat di jalan bener.
Urusan keagamaan, pemerintahan jeung kemasyarakatan, perbaikan jeung pembangunan jalan, kudu kompak,” tutur Nandi mengakhiri sambutannya. (Tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here