Beranda Editorial Meneladani Perjuangan Tokoh Proklamasi

Meneladani Perjuangan Tokoh Proklamasi

2784
0

JCS – Sebaiknya putra-putri bangsa ini terus meneladani perjuangan para tokoh proklamasi, seperti meneladani Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ahmada Subarjo, Sukarni Kartodiwiryo, Sayuti Melik, Burhanudin M Diah, Latif Hendraningrat, dan S Suhud. Bahkan banyak lagi, ada Suwiro Muwardi, Frans Sumarto Mendur, Syahruddin dan lainnya.

Banyak tokoh berperan dalam proses persiapan pelaksanaan proklamasi 17 Agustus 1945. Mereka (pahlawan/pejuang) seharusnya ditiru oleh anak bangsa yang hidup di masa kini.

Karena proklamasi itu besar bersama bangsa Indonesia. Itu kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Itu melibatkan banyak orang. Bahkan bukan bangsa Indonesia, tetapi sebagian bangsa lain yang simpati untuk perjuangan bangsa Indonesia.

Dalam kutipan pidato Bung Hatta dalam konferensi meja bundar menyatakan “sejarah perundingan yang sudah-sudah menunjukkan bahwa pokok kesulitan terletak pada permasalahan kedaulatan, yaitu kedaulatan Belanda berdasarkan sejarah. Tetapi pada tanggal 17 Agustus 1945, hari Proklamasi, sudah tercetus revolusi di Indonesia.

Setelah itu, perjuangan bangsa Indonesia mengalir dalan satu saluran tertentu, karena waktu itu bangsa Indonesia sudah menyatakan diri sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Setelah hari ini jugalah bangsa Indonesia bertindak ke luar atas nama negaranya yang diwujudkan dal Republik Indonesia.”

Sudahn cukup lama bangsa Indonesia menikmati kemerdekaan. Sebagai negara besar, dengan wilayah yang luas, dan penduduk yang banyak, kedaulatan dan keutuhan negara menjadi sebuah tantangan. Para pemimpin dan rakyat selalu berjuang untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Bisa kah? Jawabnya bisa, asal jangan mengisi kemerdekaan ini dengan banyaknya pejabat korupsi. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here