Beranda Pendidikan Menciptakan Kualitas Pendidikan

Menciptakan Kualitas Pendidikan

20
0

JCS – Ajakan semangat gotong-royong pernah disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, setelah beberapa hari diangkat menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Sama-sama memajukan pendidikan:
Prinsip gotong-royong dan kolaborasi mendorong akan menjadi kata kunci yang akan banyak mewarnai dunia pendidikan, khususnya di perjalanan anak bangsa.

“Kita nggak bisa lakukan ini sendiri. Pemerintah daerah, pemerintah pusat, guru, organisasi masyarakat, orangtua dan murid. Semua harus terlibat,” pesan Manteri Nadiem kepada para jurnalis, beberapa waktu lalu.

“Semua harus gotong-gotong untuk menciptakan kualitas pendidikan di Indonesia,” tambahnya.

Karenanya, peran orangtua siswa sangat berarti bagi kemajuan sekolah. Berbagai peran bisa diambil oleh orangtua dalam mendukung peningkatan sekolah. Terlebih manajemen sekolah menjadi lebih transparan dan akuntabel.

Orang tua dilibatkan mulai membuat perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi program sekolah.

Selain itu penataan dan kenersihan dalam dan halaman sekolah. Yang menarik di setiap sekolah dibuat pilihan warna cat tembok, meja, dan kursi sesuai selera kelas masing-masing.

Memanfaatkan Group WhatsApp:
Sebagai orang yang cinta pendidikan sangat bangga dan mengapresiasi semangat gotong royong yang ditunjukkan paraorang tua, guru-guru, dan siswanya. Itu bisa karena komunikasi intensif yang terus dilakukan, salah satunya memanfaatkan WA group setiap kelas untuk mensosialisasikan program-program sekolah. Hal itu akan meningkatkan rasa percaya orangtua kepada sekolah.

Kita bersyukur dengan adanya WA group, informasi apapun bisa cepat sampai di tangan orang tua. Bahkan mereka sekarang mau melaungkan waktu, tenaga, pikiran serta materi bagi kemajuan sekolah.

Tak kalah penting bagi kemajuan sekolah, para orangtua siswa yang memiliki kemampuan khusus dan sukses di bidangnya diundang sekolah untuk menjadi narasumber pembelajaran, tujuannya masuk kelas untuk berbagi pengalaman dalam pembelajaran di kelas anaknya. Dengan trik semacam ini, insyaAllah bisa memotivasi siswa untuk semakin rajin belajar. (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here