Beranda Viral Masuk Pa Eko

Masuk Pa Eko

74
0
Ilustrasi 
JCS – Sampai saat ini video viral Pak Eko kian ramai dibicarakan. Pasalnya, Ajun Komisaris Eko Hari Cahyono, anggota polisi di Pusat Pendidikan Sabhara Porong, Sidoarjo, mampu melempar obyek dengan tepat ke papan kayu. Viralnya video Pak Eko mengundang decak kagum banyak orang.
Tak terkecuali ilmuwan dari Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, Terry Mart. Menurut terry, sebetulnya tidak ada yang aneh dari kemampuan Ajun Komisaris Eko. Namun, sebut Terry, untuk bisa melempar seperti itu, harus mengetahui putaran benda yang pas.
“Dari segi fisika, saat pisau, obeng, atau gergaji menemui papan target, harus bagian tajamnya yang menancap pada papan. Untuk bisa seperti itu, jumlah putaran benda tajam di udara harus pas,” ujar Terry, Sabtu lalu
Dalam video tersebut, Eko melempar berbagai benda tajam, mulai pisau, obeng, gunting, hingga gergaji. Saking terampilnya, Eko selalu berhasil menancapkan senjata tajam itu ke papan sasaran.
Nah, menurut Terry, untuk memiliki kemampuan tersebut, tak perlu menjadi pakar fisika. “Bisa dilatih meski butuh latihan yang panjang,” ujarnya. “Jadi yang dibutuhkan adalah keterampilan, dan itu dapat dilatih. Mungkin juga perlu bakat.”
Terry menjelaskan, Pak Eko memiliki feeling “fisika” yang baik. Terry melihat kepiawaian Pak Eko memang cukup terlatih untuk itu. Terry berkali-kali menyebut ada unsur fisikanya. Fisika merupakan ilmu tentang hukum alam. “Dan agar pas pada jarak tersebut, harus dilatih pelemparannya,” bebernya. (tas/rus).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here