Beranda Pendidikan Manfaat Fingerprint di Sekolah

Manfaat Fingerprint di Sekolah

77
0

JCS – Dunia pendidikan disetiap sekolah sudah seharusnya banyak perombakan ke arah lebih baik. Termasuk alat canggih yang bisa mendetek jumlah siswa dan tenaga pendidik di setiap sekolah, sehingga data yang riil di sekolah dan yang dilaporkan tetap akur (sama), terutama di sekolah tingkat dasar atau SD dan SMP, karena adanya absensi digital.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur akan menerapkan sistem fingerprint untuk absensi siswa dan guru pada 2020.

Alat absen guru dan siswa akan memudahkan pelaporan dan melihat kualitas sekolah. Kepala Disdikbud, H Oring Zaenal Mutaqin mengatakan, sistem fingerprint harus diterapkan di sekolah. Alat ini akan menyajikan data riil sekaligus meminimalisir manipulasi jumlah siswa dan tenaga pendidik di setiap sekolah.

Penggunaan alat ini juga dapat mensinkronisasi banyak aspek di dalam sekolah. Seluruh pihak di sekolah, terpantau dari atas sampai ke bawah. “Transparan semuanya,” terang H Oting,” Kamis (23/1/2020).

Ditegaskan dia, dengan sistem ini bisa melihat soal rata-rata lama sekolah, juga melihat bagaimana partisipasi murid di sekolah. Oting menjelaskan, sistem ini dipilih karena selama ini sering terjadi ketidakselarasan antara jumlah siswa di dalam data dengan siswa di lapanghan. Semestinya, sekolah menyajikan data sebenarnya karena seluruh informasi terhubung ke server.

Karena sekolah maju, salah satunya dengan mewajibkan kepala sekolah menguasai delapan standar pendidikan. Terlebih kompetensi lulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan pendidikan, dan penilaian pendidikan. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here