Beranda Berita Liga Jerman Bergulir: Tetap Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Liga Jerman Bergulir: Tetap Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

72
0

JCS – Setelah ditangguhkan dua bulan lebih akibat pandemi virus corona, Bundesliga kembali bergulir, Sabtu (16/5/2020).

Berikut berita sepak bola dari laga perdana Liga Jerman!

Sebanyak enam pertandingan rampung digelar. Derby antara Borussia Dortman vs Schalke 04 di Stadion Signal Iduna Park jadi partai paling disorot.

Berstatus sebagai tuan rumah, Dortmund menang telak 4-0 atas Schalke. Rapael Guerrira memborong dua gol sementara sisanya masing-masing dicetak Erling Haaland dan Thorgan Hazard.

Di tempat terpisah, Borussia Moncengladbach menang 3-1 atas Eintrancht Franfurt, Hertha Berlin juga sukses mengalahkan Hoffenheim 3-0, sementara) Leipzig harus puas berbagi angka 1-1 lawan Freiburg.

Dari enam pertandingan Bundesliga, setidaknya ada beberapa hal yang bisa jadi pelajaran bagi kompetisi lain di Eropa yang ingin melanjutkan pertandingan sisa musim di masa pandemi corona.

– Pemain cadangan berjarak dua meter:
Untuk memenuhi peraturan pemerintah terkait social distancing, pemain cadangan terpaksa duduk berjarak dua meter satu sama lain.

– Selebrasi berjarak:
Sortmund telah menunjukkan cara melakukan selebrasi social distancing. Erling Haaland misalny. Para pemain tidak ada yang melakukan pelukan dan tetap menjaga jarak ketika Haaland melakukan selebrasi gol.
Para pemain juga menggunakan siku untuk melakukan tos.
Namun, tidak semua pemain sadar untuk menjaga jarak. Pemain Hertha Berlin, Dedryck Boyata, kelepasan dengan mencium rekan setimnya disaat jeda pertandingan

Bersih dari Suporter:
Stadion benar-benar steril dari penonton. Sorakan dan ejekan yang biasa terjadi dari tribune suporter, tak lagi terdengar.
Suasana pertandingan terbilang hening dan hanya terdengar teriakan pemain atau intruksi masing-masing pelatih yang berada di pinggir lapangan.

Rentan cedera:
Penangguhan kompetisi yang memakan waktu hampir dua bulan berdampak kepada kebugaran pemain. Sejumlah pemain sudah mulai kepayahan bahkan mengalami keram sebelum menit ke-70.
Hal ini yang membuat Bundesliga menerapkan lima pergantian pemain. Schalke 04 klub pertama yang menggunakan lima pemainnya.

– Strategi wawancara:
Wawancara juga diadakan dengan jarak aman. Media diminta menggunakan mikrofon yang dilengkapi tongkat panjang. Selain itu, stap pelatih dan juru kamera diwajibkan mengenakan masker untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. (sa) (sumber: Reuters)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here