Beranda Wisata Leter U Ciri Khas Pantai Ujung Genteng

Leter U Ciri Khas Pantai Ujung Genteng

143
0
Kapal Rekreasi Pengunjung Pantai / tas
JCS – Pantai Ujung Genteng, Surade, Sukabumi selatan masih dipadati wisatawan, Minggu (17/6/2018). Wisatawan datang dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan pantai tersebut. Pantauan JCS, H+3, di lokasi pantai yang tertata cukup rapih ini nampak ratusan perahu sedang berada di tepi pantai. 
Dari mulai perahu kecil, sedang dan besar. Ciri khas Ujung Genteng diantaranya karena punya bibir pantai cantik melengkung kaya leter U. Iya, melengkung, misalnya di sudut bawah U merupakan tempat perahu berlabuh, orang Gepluk Tegal Buleud bilang ‘parahu na dicangcang’. 
Tak memiliki dermaga seperti Jayanti. Pingir atau sisi kiri kanan leter U pantai ini adalah tepi pantai tempat wisatawan duduk namun tak bisa turun karena air lautnya cukup dalam. Sedang atas U adalah tempat berlayar ke laut. Keunggulannya ialah punya ombak cukup landai sehingga para nelayan mudah pergi ke laut. “Rekan-rekan nelayan lagi pada mudik jadi hanya beberapa orang nelayan saja,” kata Heri.
Di lokasi ini terdapat warung-warung, jongko tempat jualan ikan, sarana ibadah, wc. Banyaknya wisatawan, dilanjutkannya Heri karena mudah menuju lokasi ini, terangkat oleh infrastruktur jalan yang bagus.
Heri usia 40 dan warga di sana bersama tiga rekannya sedang berada di atas perahunya. Sesaat mereka mau melesat pergi ke tengah laut dihampiri JCS untuk berbincang seputar bahari dan wisatawan.
Heri mengaku sudah 12 tahun tukang berlayar. Ia juga bercerita akan suka duka sebagai petani nelayan. Dalam menjaring ikan di tengah laut, kata Heri, macam-macam ikan didapatkan. “Setiap nangkap ikan tak selamanya hasil. Ya kalau lagu mujur, alhamdulillah bisa menjual ke tengkulak ikan,” imbuhnya. Adapun wisatawan, disebutkan Heri, mereka cuma datang lihat-lihat pantai saja. 
Kalau hari-hari biasa suka ada turis asing yang nginap di hotel-hotel Ujung Genteng. “Keistimewaannya mungkin karena memiliki sisi pantai kaya leter U. Mereka bisa melihat kapal-kapal yang melaut maupun berlabuh.” pungkasnya. (tas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here