Beranda Editorial Jiwa Sportivitas Olahraga Wajib Ditiru Para Capres dan Cawapres

Jiwa Sportivitas Olahraga Wajib Ditiru Para Capres dan Cawapres

84
0
Pilpres 2019
Ilustrasi Sportivitas

JCS – Setelah Pemilu Presiden 2019, polemik mengenai calon presiden dan wakil presiden pemenang tak kunjung mereda. Bahkan saling mengaku kemenangan.

Banyak pihak yang mengatakan bahwa Joko Widodo kembali menjadi presiden untuk lima tahun ke depan bersama KH Ma’ruf Amin. Namun, ada juga yang meyakini bahwa Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memenangkan kontestasi politik lima tahunan tersebut.

“Namun, siapa pun yang menang, kita semua patut mencontoh nilai sportivitas yang terjadi dalam pertandingan olahraga. Meski bertarung di arena politik, rivalitas tak perlu berlanjut di ‘luar lapangan’.”

Contohnya ialah ketika pegulat asal Belarusia, Stsiapan Papou, mencederai musuhnya asal Azerbaijan yang juga ia kalahkan dalam pertarungan di ajang European Games tersebut. Setelah usai, Papou membopong lawannya yang tak mampu berjalan ke luar lapangan.

Selain itu, ada petenis Grigor Dimitrov yang menolong lawannya asal Inggris, Kyle Edmund, yang mengerang kesakitan karena jatuh dengan posisi yang tidak tepat saat hendak mengembalikan bola petenis Bulgaria tersebut. Dimitrov menolong lawannya sebelum siapa pun memberi perawatan kepada Edmund.

Ada juga seorang pelari yang memapah lawannya yang menderita cedera menuju garis finish. Ia mementingkan nilai kemanusiaan di atas pertandingan yang bisa datang di lain kesempatan tersebut.

Sudah sepantasnya anda sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk menjaga kerukunan dan persatuan. (tas/sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here