Beranda Cianjur Selatan Jalan Pojok Cikananga Kurang Lebar

Jalan Pojok Cikananga Kurang Lebar

205
0
Jalan perbatasan Leles-Agrabinta (Cikananga-Patokbeusi)

JCS – Para pengguna jalan Cikananga-Patokbeusi dan warga Cianjur selatan mengucapkan berterimakasih kepada Pemkab Cianjur. Pasalnya, ruas jalan pojok Cikananga-Patokbeusi sudah dibeton, sehingga perjalanan sepanjang kurang lebih tiga kilo meter dari kampung Sindanghayu-Patokbeusi, bisa ditempuh lima menit, jika tidak terjadi longsor atau kemacetan kendaraan.

Namun sejak jalan ini ditingkatkan (dibeton) oleh pihak pengembang beberapa tahun lalu tidak berikut pengerjaan berman.

Dari pantauan penggawa JCS di ruas jalan di Kecamatan Leles ini, Sabtu siang (25/1/2020), banyak kendaraan lalu-lalang, baik roda dua maupun roda empat, pagi-siang, sore dan malam, namun yang membuat khawatir atau dikhawatirkan para pengguna jalan takut terjadi kecelakaan karena di jalan ini terdapat empat tikungan tajam.

Pertama pengkolan dekat warung mang Dadang, kemudian belokan kiara koneng, dan belokan menuju puncak kampung Patokbeusi Desa Jatisari Kecamatan Sindangbarang.

Mobil box vs motor metik:
Peristiwa pada Sabtu (25/1/2020), sebuah mobil box berpapasandi belokan (dekat warung mang Dadang), menyenggol pengendara sepeda motor yang dikemudikan seorang perempuan. Spion motor yang dikemudikan anak ABG itu harus bertahan di pinggir modi mobil box karena nyaris terapit dengan tebing cadas.

Melihat peristiwa itu, penggawa JCS yang berada di belakang kemudi mobil box sales tersebut mencoba turun untuk membantu perempuan yang tersenggol tersebut.

Sopir mobil box, Rusmana yang mengaku warga Sukabumi itu tak berani menyalahkan si pengendara motor, malah dia bilang, karena jalan ini sempit. “Iya pak jalannya sempit, lagian pas saya mau belok kanan, tiba-tiba motor skutik melaju, mengenai bodi box sebelah kanan, untungnya saya cepat ngerem,” kilah sang sopir.

Spion motor bebek metik sebelah kiri patah dan pemilik motor gugup. Lantas, agar permasalahan ini tidak berlanjut, maka diselesaikan di tempat.

Untuk menyelesaikan permasaahan ini disaksikan langsung oleh penggawa JCS, dimana si pemilik motor mendapat permintaan maaf dari sopir mobil box, plus uang pengganti spion dengan suka rela.

Jalan Cikananga jalan Hidup:
Disebut ruas jalan hidup karena tiap saat selalu dilintasi pengguna jalan.

Namun kondisi jalan ini sangat membutuhkan perhatian Pemkab Cianjur, agar dupaya diperlebar.

Bahkan tidak saja jalan Cikananga-Patokbeusi yang harus diperhatikan pemerintah, namun juga jalan kampung Batukasur Desa Mandalawangi-Hamerang-Tangkil-Sukasirna-Purabaya-Sukamulya-Leles, kemudian jalan Ciburang-Padaasih-Jatiwangi-Leles.

Karena ruas jalan protokol kecamatan yang disebutkan di atas, semuanya bisa nyambung ke jalan hidup tadi, yakni arah kampung Parigi-Sindanghayu-Cikananga hingga tembus ke kampung Patokbeusi dan jalan hotmix Jabar Selatan.

Jalan hidup lantaran 24 jam banyak dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat.

Bahkan semakin hidup setelah dipasang lampu penerangan tenaga surya.

Lebih rentan:
Karena jalan sempit, maka setiap pengemudi roda empat yang hendak melintas jalan pojok Cikananga dan Kiara Koneng setidaknya akan merasa waswas dan terlintas dalam pikiran ‘jangan-jangan saya lewat belokan kiara koneng berpapasan dengan sesama mobil pick up atau truk pengangkut hasil bumi’ mengingat lebar jalan tak memadai, lagi pula tak ada berman jalan, ditambah kawasan rimba dan terdapat jurang berbahaya.

Karena itu, pelebaran dan pemeliharaan jalan Leles sangat dinantikan oleh masyarakat mengingat kondisi jalan yang agak sempit sehingga rentan terjadi kecmacetan (ketika ada mobil berpapasan) dan kecelakaan lalulintas.

Selain itu, jalan desa dan kecamatan yang dapat menghubungkan ke jalan hotmix Pal I Sindangbarang dan Agrabinta ini sudah menjadi kebutuhan bersama seiring dengan ramainya kunjungan wisata ke Pantai Lugina, mencari ikan ke muara Cisokan, dan lintar ke Cidahon.

Warga berharap, semoga jalan pojok Cikananga cepat diperlebar oleh Pemkab Cianjur, karena saat orang nomor satu Cianjur, Plt. Herman Suherman melakukan tugas atau kunjungan kerja ke Leles selalu menggunakan jalan alternatif yang agak sempit ini. Jika jalan Cikananga sudah ditingkatkan maka para pengendara akan merasa nyaman dan lancar. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here