Beranda Kuliner Jajan di Kuliner Geco Cianjur Tak Membuat Kantong Jebol

Jajan di Kuliner Geco Cianjur Tak Membuat Kantong Jebol

60
0

JCS – Kuliner di Kota Tauco Cianjur cukup banyak, salah satunya geco alias tauge tauco. Nah, bagi Anda yang belum pernah menyantap geco bisa mencobanya jika lagi melancong ke Cianjur.

Disebut demikian karena memang makanan terbuat dari campuran tauge yang disiram kuah tauco. Tauco sendiri merupakan bumbu hasil permentasi kacang kedelai yang dicampur dengan berbagai rempah.

Dilansir dari Rakyat Merdeka.com, kuliner kebanggaan masyarakat Cianjur tersebut sudah ada sejak 1930-an dan merupakan hasil eksperimen dari warga setempat bernama Noedji.

Awalnya Noedji mencoba mencampurkan berbagai bahan seperti tauge dan tahu dengan kuah tauco hasil racikannya.
Selanjutnya makanan tersebut ia tawarkan ke para tetangga dan mendapatkan respon yang positif.

Sejak saat itu geco terus digemari oleh masyarakat di sana dan telah diturunkan ke generasi ketiga atau cucunya.

Selera Unik:
Keunikan geco terletak pada campuran bumbunya. Makanan yang sekaligus mirip kupat tahu tersebut memakai tambahan dua bahan dari hasil fermentasi yaitu tauco dan campuran cuka lahang yang merupakan hasil fermentasi dari air nira.

Kuliner tersebut memiliki cita rasa gurih yang sedikit manis dan cenderung asam segar, hasil dari campuran bumbu fermentasi tersebut.

Cocok buat Makan Siang:
Kuliner yang kini mulai langka tersebut memiliki isian cukup lengkap, mulai dari tauge, tahu goreng, potongan ketupat, mie glosor atau sejenis mie kuning bertekkstur kenyal, potongan kentang hingga telur rebus dan tentunya tak lupa kuah tauco yang menggugah selera.
Biasanya masyarakat Cianjur menjadikan geco sebagai teman santap siang karena isiannya yang tertuang padat, sehingga begitu mengenyangkan.

Irit:
Saat ini penjual geco yang masing bertahan di Kota Cianjur salah satunya adalah warung Pak Iding yang masih kerabat dari Noedji yang merupakan pembuat pertama geco. Warung tersebut terletak di Jalan Sini Jenab nomor 24 Cianjur.

Satu porsi geco saat ini dibanderol dengan harga Rp 10.000, sudah lengkap dengan berbagai isian khasnya. (ziz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here