Beranda Religi Hikmah Iman kepada Qada dan Qadar

Hikmah Iman kepada Qada dan Qadar

100
0

JCS – Sahabat hijrah, Iman kepada qada dan qadar sangat penting dalam menghadapi segala permasalahan kehidupan, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Bertawakal kepada Allah swt. tidak mengurangi ketaatan tetapi justru dapat mempertebal iman dan menambah takwa.

Perhatikan arti ayat dan hadis berikut ini:

“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. Al-Hadid, 57: 22-23).

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Perkara orang mukmin mengagumkan, sesungguhnya semua perihalnya baik dan itu tidak dimiliki seorang pun selain orang mukmin, bila ditimpa kesenangan, ia bersyukur dan syukur itu baik baginya, dan bila tertimpa musibah, ia bersabar, dan sabar itu baik baginya.” (H.R. Muslim).

Dari ayat dan hadis di atas dapat dijelaskan bahwa hikmah iman kepada qada dan qadar antara lain:
– Sebagai penguat iman dan ketabahan dalam menghadapi musibah.
– Sebagai langkah preventif agar tidak mudah putus asa
– Sebagai alat untuk menajamkan kecerdasan spiritual
– Sebagai pondasi dalam mengamalkan rukun Islam
– Sebagai puncak pengamalan rukun iman.

Termotivasi untuk berbuat kebaikan:
Orang-orang yang melakukan kebaikan termasuk dalam golongan orang-orang yang akan masuk surga. Sebaliknya, orang yang senang melakukan perbuatan dosa dan maksiat akan terjerumus dalam siksa api neraka.

Mengenai usaha atau ikhtiar:
-Usaha dan doa adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Seseorang harus berusaha semaksimal yang dia bisa untuk mencapai suatu tujuan. Namun begitu, dia harus tetap berdoa kepada Allah swt, karena Allah-lah yang menunjukkan usahanya tersebut.

Mengenai Takdir:
Takdir adalah ketentuan suatu peristiwa yang terjadi di alam ini yg meliputi sisi kejadiannya, baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempatnya maupun waktunya. Wallahu a’lam. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here