Beranda Human Interest Herman Abanda Mantan Pemain Persib Bandung Memeluk Agama Islam

Herman Abanda Mantan Pemain Persib Bandung Memeluk Agama Islam

174
0
Herman Abanda Mantan Pemain Persib Bandung

JCS – Subhanallah! Disaat aura dan suhu rivalitas membara antara Persib Bandung dengan Persija, rupanya ada bek asing yang memeluk Agama Islam. Yaitu Abanda Herman.

Para pecinta bola pastinya ingat sosok pria berpostur tubuh menjulang sekitar 1,92 meter. Abanda Herman merupakan sosok bek tengah yang sangat tangguh.

Ya, kaki panjangnya kerap menjadi momok bagi penyerang lawan karena meski berbadan tinggi, Abanda sangat cekatan dalam melakukan tekel dan intersep.

Beruntung bagi Persib Bandung dan Persija yang sempat merasakan servis kelas satu dari pemain berdarah Kamerun itu. Tercatat, Abanda Herman membela Persija Jakarta terlebih dulu dari 2006-2010

Di Persija, Abanda Herman bermain dalam 112 laga dengan catatan 20 gol. Sedangkan di Persib baru bisa merasakan kontribusi Abanda Herman pada musim 2011-2013, di mana Abanda Herman bermain dalam 74 laga dengan 9 gol.

Sejatinya tak hanya Persib dan Persija saja yang beruntung karena pertahanannya pernah dilindungi Abanda. PSM Makassar, Persema Malang, dan Barito Putera ternyata juga sempat dibela oleh pemain asing yang sudah menjadi mualaf itu.

Perjalanan Spiritual dan Ganti Nama

Perjalanan spiritualnya menjadi mualaf pun menarik untuk disimak karena ia memutuskan untuk berganti nama. Wajahnya pun bercahaya.

Ahmad Abanda Herman

Pada April 2013 lalu, Abanda Herman mengambil sebuah keputusan untuk memeluk agama Islam. Di hadapan Ustadz Jujun Junaedi, Abanda mengucapkan dua kalimat syahadat di depan Umuh Muchtar dan Djajang Nurdjaman.

“Saya terharu dan bangga. Alhamdullilah, Abanda Herman mau masuk Islam,” tutur manajer Persib, Umuh Muchtar di Masjid Nurul Iman, Bandung, Jumat lalu.

Pria berkacamata mengungkapkan, sebetulnya Abanda sudah bicara berapa kali kepadanya. Sekarang baru terlaksana, dia pun semalam menyatakan seratus persen siap dan minta segera diislamkan. “Keinginan Abanda saat itu begitu,” kata pria berkumis itu.

Alasan Abanda Herman mau masuk Islam lantaran dirinya tergugah oleh rekan-rekannya yang rajin menunaikan ibadah sholat. Selain itu, Abanda Herman juga senang dengan ajaran penuh kedamain seperti yang ia dapatkan dari Islam.

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat dan resmi menjadi mualaf, pesepak bola asal Kamerun itu pun berganti nama menjadi Ahmad Abanda Herman.

Setelah itu, Ahmad Abanda Herman meninggalkan Persib untuk bergabung dengan Barito Putera pada 2014.

Bagaimana Kabar Ahmad Abanda Sekarang?

Abanda Herman terakhir diketahui bergabung dengan Persak Kebumen untuk sebuah ajang bernama Piala Bupati Banyumas 2015.

Turnamen itu sendiri diikuti oleh Persibas Banyumas, PS Jaguar Gumelar, PS Kesuma Sumampir, PS Mars Purwokerto, PSCS Cilacap, PS Taruna Purbalingga, Persak Kebumen, dan Sleman United.

Persak Kebumen saat itu menatap turnamen Piala Bupati Banyumas dengan sangat serius sehingga mendatangkan sejumlah pemain tenar seperti Abanda Herman, Oktovianus Maniani, Leonard Tupamahu, dan Yao Ruddy.

Keikutsertaan Persak Kebumen sendiri saat itu di Piala Bupati Banyumas sendiri dikarenakan sedang vakumnya kompetisi.

Namun selepas mengikuti turnamen itu, jejak langkah Abanda Herman tidak diketahui lagi kabar terbarunya. Bahkan sangat sulit untuk menemukan akun media sosial yang asli dari Abanda Herman. Sepertinya para pecinta bola muslim ingin tahu keberadaan Ahmad Abada Herman!? (tas/rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here