Beranda Gadget Gunakan Tablet S Pen Galaxy Tab S6 Bikin Kerja Lebih Gesit

Gunakan Tablet S Pen Galaxy Tab S6 Bikin Kerja Lebih Gesit

42
0

JCS – Hikmah pandemi Covid-19 membuat kebijakan Work from Home (WFH) atau laporan data bisa dari rumah lebih cepat karena dengan menggunakan laptop mini ini.

Ya, laptop ini salah satu jenis perangkat yang banyak digunakan untuk bekerja dari rumah. Namun, laptop ataupun komputer desktop bukanlah satu-satunya perangkat yang bisa diandalkan sebagai alat kerja dalam situasi ini.
Tablet pun sebenarnya bisa dimanfaatkan menunjang produktivitas dari rumah.

Dibandingkan samartphone, perangkat tablet biasanya memiliki layar lebih lebar, dengan diagonal di kisaran 8 hingga 12 inci, sehingga lebih nyaman digunakan untuk berbagai macam hal.
Ukurannya kira-kira sebanding dengan laptop kecil. Hanya saja, layar tablet merupakan touch screen, dengan sistem operasi mobile yang dioptimalkan untuk touch input.

Sebagian pabrikan memanfaatkan layar sentuh ini lebih jauh dengan menyertakan dukungan stylus.

Samsung, misalnya, adalah salah satu vendor yang dikenal kerap menyertakan stylus bernama S Pen di perangkat-perangkat tablet buatannya.

Perangkat input berbentuk serupa pena ini juga disertakan di tablet terbaru Sambung, Galaxy Tab S6 Lite, yang belakangan banyak digunakan rekan-rekan jurnalis.

S Pen milik Galaxy Tab S6 bisa digunakan untuk menulis dan menggambar di layar, serta dibekali dengan sebuah tombol shortuch untuk memanggil sejumlah fungsi tambahan, seperti Smart Select untuk mengambil tangkapan gambar di area tertentu di layar.

Selain itu, S Pen juga bisa membantu melakukan hal-hal tertentu dengan presisi lebih tinggi dibanding ujung jari. Misalnya, ketika melakukan editing foto, video, maupun audio. Memakai pena stylus untuk tugas-tugas ini akan membuatnya terasa lebih nyaman mudah dan lincah.

S Pen pun bisa sepenuhnya digunakan untuk menggantikan jari dalam melakukan navigasi. Pengguna Galaxy Tab S6 Lite bisa memakainya untuk berpindah-pindah antara aplikasi dan menjelajahi menu.

Saat tidak digunakan, S Pen bisa ditempelkan di sisi samping Galaxy Tab S6 Lite dengan magnet. Aksesori Book Cover untuk Galaxy Tab S6 Lite menyediakan tempat khusus untuk menyimpan S Pen supaya tidak terjatuh.

Gesit mengetik dengan cover keyboard:
Book Cover dapat membantu pengguna memposisikan tablet di meja agar sesuai dengan sudut pandang. Keyboard on-screen pun bisa digunakan untuk mengetik di layar.
Akan tetapi, untuk benar-benar memaksimalkan fungsi tablet dalam mengetik, ada baiknya untuk membeli aksesori tambahan berupa apapun ketik alias keyboard fisik.

Aksesori ini bisa berasal dari pihak ketiga maupun vendor pembulat tablet.

Untuk Galaxy Tab S Lite, Samsung menyediakan Keyboard Cover dari Targus yang tersambung dengan tablet melalui koneksi bluetooth. Baterai keyboard diisi melalui konektor USB tipe C yang terletak di dekat tombol daya.

Tombol-tombolnya berukuran cukup besar, tak jauh berbeda dari laptop kecil, serta terasa responsif dengan jarak travel yang memadai sehingga nyaman digunakan untuk mengetik.

Cover Keyboard membuat kegiatan mengetik jadi lebih gesit dan cepat. Selain itu, tampilan layar pun jadi tidak terhalang oleh on-screen keyboard sehingga pengguna bisa lebih melihat tampilan layar.

Selain menyediakan rangkaian tombol untuk mengetik, Keyboard Cover ini juga menopang tablet di atas meja dengan dua pilihan viewing angle yang bisa dipilih dengan menyesuaikan letak penyangga.

Tablet dipasang dicasing khusus yang menyatu dengan cover. Lantaran berbentuk sampul, Keyboard Cover ini pun bisa bertindak melindungi tablet ketika dalam keadaan tertutup.

Layar tablet akan dimatikan secara otomatis ketika pengguna menutup cover, serta kembali menyala ketika penutup dibuka.

Seperti Book Cover tersedia tempat khusus untuk menyimpan S Pen dengan bantuan magnet.

Gunakan PC:
Pengguna PC pasti sering membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan di layar. Tablet modern pun mampu melakukan hal tersebut untuk mempermudah multitasking.

Galaxy Tab Lite mampu menjalankan dua aplikasi secara berdampingan di layar dengan modeSplit Screen yang bisa dipanggila dari menu multitasking.

Ukuran tampilan aplikasi yang ditampilkan bisa diubah-ubah. Pengguna bisa memilih apakah ingin aplikasi di sisi kanan ditampilkan lebih lebar atau sebaiknya.
Model ini juga, yaitu Pop-up view yang akan menampilkan jendela-jendela aplikasi secara floating, mirip dengan PC.

Multitasking dengan beberapa aplikasi ini dapat mempermudah berbagai hal, mulai dari sekedar mengetik sambil nonton video hingga merekam suara di voice recorder sambil membaca naskah dari word prosessor.

Galaxy Tab S6 Lite diperkuat chip octa-core Exunos 9611 dengan RAM 4 GB yang terbilang memadai untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam skenario multitasking.

Layarnya yang selebar 10,4 inci (2.000×1.200 piksel), aspect ratio 5:3) mampu menampilkan jendela-jendela aplikasi, baik dalam mode Pop-up maupun Split Screen, dengan cukup besar sehingga masih mudah dilihat dan dibaca.

Bila telekonferensi? Layaknya laptop tablet pun bisa menangani aktivitas yang banyak dilakukan semasa WFH kini. Kualitas kameramnya bahkan kadang bisa lebih baik dibanding laptop, dengan gambar yang lebih jernih dan terang.

Untuk keperluan ity, Galaxy Tab S6 Lite dibekali dengan kamera depan 5 MP (f/2.0). Kamera ini menurut pengalaman, sanggup menghasilkan gambar streaming yang terlihat jelas meski kondisi pencahayaan tak terlalu ideal.

Barang ini juga memiliki konektor audio 3,5 mm sehingga pengguna bisa lebih leluasa menggunakan headset atau earphone pilihan untuk telekonferensi, tanpa harus repot-repot menggunakan dongle. Ditambah kamera belakang 8 MP (f/1.9) yang dapat mengambil gambar berkualitas cukup apabila diperlukan. Kelebihan lain dari tablet ini memiliki daya tahan baterainya yang lebih lama.

Jadi, selain bekerja dari rumah, tablet ini sanggup menemani pengguna beraktivitas seharian saat berada di luar. Dukungan fast charging 15 watt memastikan proses pengisian baterai tak perlu lama sehingga pengguna bisa langsung kembali beraktivitas. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here