Beranda Berita Gugatan Hasil Pilkades

Gugatan Hasil Pilkades

19
0

JCS – Hampir setiap tahun usai penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades), khususnya di Kabupaten Cianjur, selalu menyisakan masalah dan ada yang melayangkan keberatan atau gugatan lantaran pihak yang kalah merasa tidak merasa kalah, atau ada temuan keganjilan. Akhirnya, kelompok yang tak puas itu mengajukan surat keberatan dan berujung tuntutan pemungutan suara ulang (PSU).

Nah, Pilkades Kabupaten Cianjur serentak 2020 mengalami hal demikian, seperti di Kecamatan Cibeber, Desa Cipetir dan Desa Sukamanah mengajukan surat penolakan hasil pemungutan suara dengan alasan teknis maupun nonteknis. Mungkin termasuk di wilayah lain yang akan segera melayangkan gugatan.

Terkait itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial menegaskan, bahwa sesuai Peraturan Bupati (Perbup) No 41 tahun 2019, tentang Pilkades, gugatan keberatan hasil Pilkades serentak 2020 tidak bisa menggugurkan kemenangan seorang calon.

Menurut Danial, semua calon kades memiliki hak untuk menlayangkan keberatan atau gugatan hasil pemungutan suara. “Namun tidak ada dalam Perbub 41 tentang pemungutan suara ulang dan penghitungan ulang,” terang Danial kepada wartawan, Selasa (25/2/2020).

Lanjut Danial, apabila di tingkat desa atau kecamatan tidak ada titik temu, dipersilahkan lanjut atau mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Apapun itu surat keberatan yang dilayangkan agar dimusyawarahkan bersama panitia pilkades dan pihak kecamatan,” jelas Danial. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here