Beranda Berita Gempa 5.3 Magnitudo di Gorontalo

Gempa 5.3 Magnitudo di Gorontalo

79
0
Ilustrasi titik gempa-Gorontalo

JCS – Gempa terjadi di Gorontalo dengan kekuatan 5.3 Magnitudo pada Senin (8/4/2019), pukul 03.45 Wita.

Getaran gempa tektonik itu berlangsung beberapa detik. Menurut pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berada di laut Sulawesi dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa berpusat di 16 kilometer barat laut Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara dengan kedalaman 13 kilometer.

Sedang warga yang merasakan guncangan gempa tektonik tersebut, karena getarannya cukup lama sehingga sempat panik jika terjadi apa-apa. “Gempa berlangsung cukup lama, tidak seperti biasanya, kaca-kaca rumah berbunyi cukup lama,” kata Nur Syahijjah, warga Kota Gorontalo, Senin pagi.

Hingga berita ini ditulis, Senin pagi, belum ada laporan masyarakat maupun pemerintah tentang kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa ini.

Stasiun Geofisika Gorontalo melaporkan adanya gempa susulan pascagempa 5.3 magmitudo ini.

Melalui pesan singkat WhatsApp di group Info BMKG Gorontalo, gempa susulan terjadi pada pukul 04.06 Wita dengan kekuatan 3 magnitudo, itu berpusat di 9 kilometer timur laut Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Nampaknya memang bahwa Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Gorontalo Utara merupakan daerah yang berdekatan meskipun beda provinsi. (sa) (BMKG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here