Beranda Khazanah Faedah Istighfar

Faedah Istighfar

85
0

JCS – Istighfar mempunyai banyak faedah baik di dunia maupun di akhirat. Faedah tersebut ada yang memang langsung kita rasakan dan ada juga yang diakhirkan oleh Allah SWT sampai hari kiamat.

-Menghapus dosa:
Istighfar mengapus dosa sebgaiamana api membakar kayu bakar, yang dimaksud di sini adalah istighfar dalam artian taubat. Tentang taubat dalam surah An-Nisa ayat 110. Juga dalam hadist qudsi Allah berfirman: “Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kalian selalu berbuat dosa malam dan siang, dan Aku mengampuni semuanya jika kalian mohon ampun kepada-Ku, Aku akan mengampuni.”

Ketika seorang hamba beristighfar ia akan merasakan betapa hina dan rendah dirinya, akan selalu merasakan bahwasannya ia tidaklah ada apa-apanya dibanding Sang Khalik dan amant sangat membutuhkan-Nya dalam mengarungi bahtera kehidupan. Maka dianjurkan beristighfar untuk merendahkan diri, ikhlas kepad-Nya dan tentunya istighfar tersebut tidak hanya sekedar terucap dengan bibir saja namun hati pun harus digerkakan.

Bayangkan, setiap detik kita berbuat dosa (dosa-dosa kecil). Ketika melakukan dosa besar lalu mengingatnya maka ia menangisnya, menyesal dan akhirnya bertaubat dan beristighfar, tunduk kepada-Nya berusaha melakukan perbuatan baik tanpa mengulangi lagi dosa tersebut, maka ia akan medapat rahmat-Nya. Jika dosa-dosa kepada sesama terselesaikan dengan baik, maka akan mendapat rahmat-Nya pula, di dunia maupun di akhirat.

Sebaliknya ketika ia berbuat baik, kemudian riya’, sombong, ta’jub atas pujian orang kepadanya, maka ia akan mendapat kemurkaan Allah dan akhirnya celaka di dunia celaka di Akhirat.

Tanda-tanda kebahagiaan adalah menjadikan perbuatan baik berada di belakang punggungnya dan perbuatan dosa di depan pelupuk mata, sebaliknya tanda-tanda kesengsaraan adalah baik di pelupuk mata dan kejelekannya di belakang punggungnya. Alangkah beruntungnya seseorang yang sibuk dengan aibnya sendiri dan memperbaikinya serta melupakan aib orang lain.

Istighfar sebab bertambahnya kekuatan: Istighfar mampu menyuntikan kekuatan bagi jasmani dan rohani, dan dengannya mampu menanggung beban.

Dengan istighfar dapat menghilangkan kesusahan dan memudahkan rezeki, dengan istighfar segala keluh kesah akan sirna dan rezeki akan datang secara tak terduga, sebagaimana sabda Rasulullah saw: “Barang siapa yang selalu beristighfar, maka Allah akan menjadikan keluh kesah menjadi kegembiraan, kesempitan menjadi keleluasaan. (H.R. Ahmad dan Abu Daud).

Banyak faedah yang didapatkan dari istighfar, tentunya semakin sering kita beristighfar semakin dekat kita dengan Sang Khalik, hal ini hendaknya dilakukan secara mudawamah terus menerus tanpa henti dalam hati.

Sesungguhnya kita adalah makhluk yang lemah kita membutuhkan istighfar sebagaimana makan dan minum. Istighfar melepaskan hamba dari perbuatan yang makruh menjadi mahdub (yang dicintai), yang kurang menjadi lebih sempurna, mengangkatnya ke derajat yang lebih tinggi.
Para nabi dan rasul pun selalu istighfar, sedangkan kita? Wallahu a’lam.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here